Marni Hartati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membongkar Praktik

Membongkar Praktik "Copy Paste" di Gurusiana

Apa yang terlintas dalam benak pembaca jika melihat 2 screen shoot yang disertakan dalam edisi tulisan kali ini?

Berulang kali saya mencermati dua tulisan ini, membacanya hingga tuntas sampai betul-betul memperhatikan juga letak titik komanya hanya untuk meyakinkan bahwa dua tulisan ini ternyata KEMBAR IDENTIK.

Gambar kiri diambil dari laman Gurusiana tempat para guru (berlatih) menyampaikan ide pikiran, gagasan dan bahkan menjadi ajang curhat mereka entah kaitannya langsung dengan dunia pendidikan atau bahkan hal lain yang dituangkan dalam tulisan. Melalui Gurusiana, para guru (berlatih) mempublikasikan tulisan tersebut, mencoba melihat bagaimana respon pembaca terhadap hasil karya yang dipublikasi. Yang diharapkan adalah munculnya rasa percaya diri dalam memproduksi tulisan yang berbobot.

Satu hal yang paling membanggakan adalah Gurusiana yang dibidani oleh Media Guru telah berhasil menjembatani para guru untuk kemudian lebih percaya diri membukukan hasil karyanya dalam bentuk buku.

Gambar kanan adalah screen shot dari laman blogger ternama yang penuh kontroversi Denny Siregar. Selama hiruk pikuk Pilkada DKI Jakarta, beliaulah yang layak disandingkan dengan Jonru pada posisi yang saling bersebelahan. Tulisan-tulisannya kerap dibagikan ratusan hingga ribuan kali oleh pengikutnya. Terlepas dari hal tersebut, kita mampu menyimpulkan bahwa seorang Denny Siregar adalah penulis yang produktif di media sosial dimana tulisannya bisa dengan relatif mudah di baca pada beragam laman yang berbeda.

Ketika menemukan dua tulisan yang kembar identik ini, maka otomatis yang muncul di benak seseorang adalah pertanyaan siapa men”copy paste” tulisan siapa. Kenapa hal ini dianggap penting tentu dengan alasan karena kita para guru berada dalam komunitas akademik sehingga terikat dengan peraturan penulisan yang baku. Mengutip atau mensarikan kembali suatu tulisan orang lain masih bisa diterima selama mengikuti kaidah yang berlaku. Namun jika kejadiannya adalah “copy paste” atau menjiplak, tentu akan menjadi cerita yang berbeda.

Untuk memastikan, maka pencarian pun di mulai. Tidak butuh waktu lama untuk mengetahui bahwa ternyata tulisan di Gurusiana di posting selang beberapa jam setelah Denny Siregar memposting tulisannya. Artinya apa yang berada di laman Gurusiana terbukti adalah hasil “copy paste”

Jika kemudian hal diatas terang benderang adanya, maka pertanyaan berikut yang muncul adalah adakah pihak Gurusiana atau Media Guru dalam hal ini mencermati traffic tulisan yang di posting? Apakah diperbolehkan untuk memposting tulisan seseorang tanpa menyebutkan siapa penulis aslinya sehingga terkesan menjiplak? Lalu adakah penegakan peraturan yang tertulis dalam Disclaimer untuk penulis di Gurusiana?

Jika pertanyaan-pertanyan diatas tidak segera mendapat respon dari pihak Gurusiana atau Media Guru,hal lain adalah munculnya kekhawatiran (tidak bermaksud berburuk sangka) mungkin saja ada juga beberapa "oknum" baik sengaja ataupun tidak yang melakukan hal yang sama.

Jika hal ini terjadi, maka patut disayangkan bahwa ini terjadi di lingkungan para guru yang terhormat. Bukankah, pepatah mengajarkan kita bahwasanya, Guru kencing berdiri, maka murid kencing berlari, malah bisa saja murid mengencingi guru"

Ada nama besar Gurusiana, Media Guru dan bapak-ibu guru yang dipertaruhkan.

Jangan sampai karena nila setitik maka rusak susu sebelanga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bu Marni, kereennnnn sekali tulisannya. Hey....malu dong sebagai guru penulis masih plagiat. Satu atau dua kata hasil pemikiran sendiri lebih berharga daripada seribu kata hasil copas.

04 Oct
Balas

Terima kasih Bu Nur Sofiah.

04 Oct

Bu Marni Hartati dan teman semua: Tolong baca DISCLAIMER di bawah postingan. Saya kopi pastekan DISCLAIMER DISCLAIMER Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini. Artinya, GURUSIANA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATASTULISAN (BAIK ISI MAUPUN KEASLIAN TULISANNYA). ITU tanggung jawab penulis.

04 Oct
Balas

Betul bu,sudah saya singgung pada tulisan saya ttg penegakan disclaimer di web. Betul bahwa Gurusiana tidak bertanggung jawab dan seterusnya atas tulisan yang diposting namun alangkah baiknya juga ada ronda dari admin untuk tetap menjaga kualitas Gurusiana sebagai ajang menulis bukan ajang gunting tempel. Saya mengapresiasi apa yang sudah Mas Eko sampaikan, buat pembelajaran buat kami semua.

05 Oct

Mskh infonya say. Tlsnnya jg makin 'ngegemesin'.

04 Oct
Balas

Terima kasih teh Nining.

05 Oct

usir saja..!

05 Oct
Balas

Wow...cermat nian nih Bu Marni. Say no to plagiarsm!

04 Oct
Balas

Terima kasih bu Nurul.

04 Oct

Salut buat ibu yg teliti dan ati2. Mengingatkan kita ttg etika yg harus diikuti

04 Oct
Balas

Sip bu Faridah. Hatur nuhun

05 Oct

Setuju sekali mba. Plagiarisme jelas2 g térmaafkan.black list.

04 Oct
Balas

terima kasih mba Upit.

04 Oct

Iya, sangat setuju sekali..hello para plagiator..tempatmu bukan di sini...

04 Oct
Balas

Semoga kedepan akan menjadi pembelajaran buat semua y bu Rilda. Terima kasih

04 Oct

Ada satu lagi tu tadi malam saya baca yang isinya ttg kesehatan di gurusiana ini. Sebelumnya juga telah saya baca di laman facebook. Cuma saya gk mengcapturenya bu. Kemungkinan penulis juga mengcopy paste tulisan tersebut.

04 Oct
Balas

Mmmm, ayo bu semangat cari lagi supaya tidak terjadi kejadian yang sama.

04 Oct

Mantap mbak. Betul sekali.

04 Oct
Balas

Terima kasih mba Melyani.

04 Oct



search

New Post