MARWATI

Marwati, adalah guru Bahasa Inggris di MTs N 6 Kulon Progo. Ibu 2 anak ini kuliah di D3 Pend. Bahasa Inggris IKIP Semarang (Unes ). Melanjutkan S1 di Universita...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perjalanan Suci Hati (2)   Menuju Arafah

Perjalanan Suci Hati (2) Menuju Arafah

Perjalanan Suci Hati (2)

# Menuju Arafah

# Day_8 (2)

# Tantangan Gurusiana

# Marwati, MTs N 6 Kulon Progo

# Opini

Di saat muslim yang tidak berhaji melaksanakan puasa Tarwiyah, kami bersiap menuju Arafah. Sebenarnya kami berkeinginan untuk melaksanakan Tarwiyah dengan bermalam di Mina, tetapi tidak diperbolehkan. Alasannya, karena tahun itu haji akbar, maka hampir semua orang Arab melaksanakan ibadah haji. Bila tetap pergi ke Mina untuk Tarwiyah, dikhawatirkan tidak bisa ke Arafah karena padatnya lalulintas.

Tidak begitu lama menunggu di lobi hotel, kami pun naik bis yang akan membawa kami ke Arafah. Dengan dipandu oleh pembimbing, kami tak henti-hentinya melantunkan kalimat talbiyah. Disaat kami berhenti sejenak, suasana bis sangat sepi. Tak satupun dari kami yang berbicara, apalagi bercanda. Kusempatkan menengok ke teman, ternyata dia sedang menghapus air mata yang meleleh di pipi. Ah…., ternyata kami melakukan hal yang sama.

Setelah melalui jalan yang begitu padat, bahkan beberapa kali macet, sampailah kami di Arafah. Waktu sudah menjelang Dhuhur. Tak terbayangkan panasnya. Karena tenda kami tanpa kipas angin apalagi ac. Hanya berbekal penyemprot air ke wajah dan kipas manual, kami bertahan. Sebagian dari kami menggunakan handuk yang dibasahi, lalu diletakkan di kepala. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi rasa panas dan melindungi wajah. Kamipun selalu diingatkan untuk selalu minum untuk menghindari dehidrasi. Kabar baiknya, minuman, buah, dan makanan melimpah ruah.

Hal lain yang harus beradaptasi adalah urusan ke belakang. Bisa antri sepuluh sampai dua puluh orang untuk bisa sampai di urutan pertama. Namun tak boleh mengeluh. Ada yang memanfaatkan waktu dengan saling berkenalan dan berbincang tentang daerah asal. Ada juga yang memanfaatkan waktu dengan saling memijit pundak, walau tak kenal. Wow…, indahnya ukhuwah islamiyah.

Joglo Mawar, 18 Juli 2021 (8 Dzulhijah 1442)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa

19 Jul
Balas

Terimakasih. salam sehat selalu.

19 Jul

Ulasan yg sangat menyejukkan Bunda,,, smg selalu diberi kesehatan,,, salam sukses.

18 Jul
Balas

Terimakasih. Salam sehat selalu.

19 Jul

Keren dan mantap Mb q cyaang ...ulasan yg sangat bagus ...trm ksh sdh brbgi ...sukses selalu Mb q cyaang ...baarokallah.

19 Jul
Balas

Terimakasih Jeng atas support dan atensinya. salam sehat selalu.

19 Jul



search

New Post