MARWATI

Marwati, adalah guru Bahasa Inggris di MTs N 6 Kulon Progo. Ibu 2 anak ini kuliah di D3 Pend. Bahasa Inggris IKIP Semarang (Unes ). Melanjutkan S1 di Universita...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi saat Tahun Baru Hijrah

Refleksi saat Tahun Baru Hijrah

Refleksi saat Tahun Baru Hijrah

# Day_32 (2)

# Tantangan Gurusiana

# Marwati, MTs N 6 Kulon Progo

# Opini

Tahun baru Islam datang lagi. Rasanya baru kemarin membuat twibon tahun baru Hujrah, sekarang sudah buat lagi. Sebenarnya satu tahun bukanlah waktu senbentar, namun karena banyaknya aktifitas membuat yag sebenarnya lama menjadi terasa singkat.

Saat pergantian tahun seperti ini, hal terbaik yang peru dilakukan adalah intropeksi diri. Intropeksi sangat diperlukan agar tidak menjadi manusia merugi. Manusia rugi bila hari kemarin lebih baik dari hari ini. Sedangkan orang yang beruntung adalah apabila hari ini lebih baik dari hari kemarin. Hal ini perlu diupayakan, tidak akan datang dengan sendirinya.

Refleksi bisa dilakukan dalam semua aspek. Baik hubungan dengan Alloh SWT atau habluminalloh, maupun hubungan dengan manusia atau hablumminannas. Dalam beribadah ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitas. Misalnya untuk sholat, ditingkatkan dengan menambah sholat sunnah. Selain itu berusaha agar lebih khusyu’. Demikian pula untu berpuasa dan membaca Al Qur’an.

Dalam hubungannya dengan manusia, perlu pula refleksi diri. Ini penting agar kebaikan yang dilakukan selalu meningkat. Saat pergantian tahun adalah waktu yang sangat tepat untuk intropeksi diri. Bagaimana hubungan dengan anggota keluarga, dengan tetangga, sudahkah bersedekah? Bagaimana memelihara diri dari penyakit hati? Dll.

Saat pergantian tahun Islam adalah saat yang sangat tepat untuk berhijrah ke arah yang lebih baik. Semoga keberkahan Alloh selalu menyertai orang yang selalu menuju kebaikan. Aamiin.

Joglo Mawar, 10 Agustus 2021.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hijrah untuk kebaikan ya bun

10 Aug
Balas

Selanat tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah. semoga oanhang umur, segat, dan bantaj rezeki.salam kenal dari pari Moutong. dan salam skss

10 Aug
Balas

Aamiin. Terimakasih. Salam sehat dan sukses.

10 Aug



search

New Post