MARYAM ISNAINI DAMAYANTI, S. Pd., M

Maryam Damayanti, lahir 53 tahun yang lalu, di Surabaya. Nama lengkap yang diberikan orang tua adalah Maryam Isnaini Damayanti. Profesi utamanya adalah sebagai ...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR LAGI TENTANG 'SELF EDITING' ATAU SWASUNTING
Pelatihan yang dijamin akan melahirkan penulis-penulis berkualitas. (Sumber foto: Grup WA Pelatihan Self Editing).

BELAJAR LAGI TENTANG 'SELF EDITING' ATAU SWASUNTING

BELAJAR LAGI TENTANG SELF EDITING ATAU SWASUNTING

Maryam Damayanti Payapo

Alhamdulillah, Allah perkenankan aku untuk belajar lagi. Ini kali, bukan sekadar belajar biasa melainkan belajar bersama kawan-kawan guru penulis dari seluruh Indonesia. Materinya pun, bukan materi ecek-ecek, tetapi berkelas. Materi yang sangat penting dikuasai dalam aktivitas menulis, tetapi masih sering diabaikan oleh penulis. Ya ... apa lagi materinya kalau bukan tentang self editing atau swasunting.

Pelatihan yang digelar selama 3 kali tatap maya ini, dipandu langsung oleh Pemred MediaGuru Indonesia, pak Eko Prasetyo yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan. Pelatihan diawali dengan pemaparan materi disertai contoh-contoh konkret yang membuat kami lebih mudah memahami konten yang disampaikan. Ternyata, cukup banyak aturan atau kaidah bahasa tulis yang masih harus dipelajari, dipahami, dan dikuasai penulis terutama yang masih pemula.

Tahap kedua tatap maya, pak Eko tidak sekadar melanjutkan paparan materi. Lebih spesial lagi karena ada sesi perlatihan menyunting tulisan yang langsung dibahas bersama. Tidak afdol jika pelatihan tidak dimeriahkan dengan tugas rumah. He he he. Akhir sesi, pak Eko mengirim naskah tulisan salah satu gurusianer, yaitu bapak Ahmad Syaihu untuk disunting oleh peserta dan hasil suntingan harus dishare di grup WA. Tantangan ini, melatih kami untuk cermat dalam menulis, memperhatikan aturan atau kaidah bahasa tulis yang berlaku, dengan tidak kehilangan ruh dalam menginspirasi pembaca.

Berikut ini, adalah naskah asli tulisan yang harus disunting oleh peserta.

TUGAS MENYUNTING

KELAS SWASUNTING

IPP JATIM

Purna Siswa Kelas IX Awal Menuju Masa Depan yang Sukses dan Berakhlaqul Karimah (H-1240)

14 Jun @Kolom

Oleh: Ahmad Syaihu

Sumber: Blog Gurusiana

Rabu pagi 14 Juni 2023 bertempat di Hall Victoria Gedung Srijaya Surabaya berlangsung acara Purna Siswa Kelas IX MTsN 4 Kota.

Acara dibuka oleh Kepala Madrasah H. Choirur Roziqin, S.Ag., M.Pd berlangsung secara khidmat dikuti oleh 270 siswa kelas 9A-9H, disaksikan oleh wali siswa dan undangan

Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia dilanjutkan menyanyikan lagu Mars Madrasah yang diikuti oleh seluruh peserta dan undangan, termasuk Kepala Kementerian Agama Kota Surabaya Dr.H.Pardi, M.HI yang hadir untuk memberikan pembinaan.

Acara dilanjutkan dengan Prosesi Wisuda Purna Siswa, dimana siswa maju satu persatu menuju Panggung Kehormatan untuk menerima Map Ijazah dari Wali Kelas masing-masing, kemudian menuju ke Kepala Madrasah untuk bersalaman dan berfoto.

Acara prosesi Purna Siswa berlangsung hampir 1,5 jam yang diikuti dengan penuh khidmat dan gembira oleh seluruh peserta dengan disaksikan oleh seluruh keluarga dan undangan lainnya yang hadir pagi ini.

Setelah acara prosesi wisuda acara diselingi dengan hiburan dengan tema Indahnya Indonesia Laksana Zamrud Katulistiwa yang menampilkan kolaborasi tari dari seluruh Indonesia, ada tari Remo khas Jawa Timur, Tari Serampangg 12, Tari , Tari Ular, Tari Saman dan tarian lainnya yang mencerminkan keragaman budaya Nusantara

Makna Purna Siswa Bagi Siswa MTsN 4 Kota Surabaya

1. Sebagai perwujudan rasa syukur atas keberhasilan selama belajar di jenjang MTs dan dinyatakan lulus 100 %

2. Bukan akhir tapi awal menuju pendidikan ke jenjang selanjutnya

3. Sebagai pijakan untuk menatap masa depan yang lebih baik dengan melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK/MA atau ke Pondok Pesantren.

Guru MTsN 4 Kota Surabaya sebelum acara Purna Siswa (foto dokpri)

4. Semoga para alumni bisa menjadi generasi emas Indonesia di masa depan.

5. Alumni Madrasah adalah siswa yang hebat bermartabat, Mandiri Berprestasi dan berakhlaqul karimah

Istanaku, 14 Juni 2023

* * -- * * * -- * *

Nah, lalu seperti apa tulisan hasil suntinganku? Dapat dibaca di bawah ini ya kawan.

WISUDA SISWA KELAS IX MTsN 4 SURABAYA, MELANJUTKAN PERJALANAN MERAIH KESUKSESAN DI MASA DEPAN

Rabu, 14 Juni 2023, bertempat di Hall Victoria Gedung Srijaya Surabaya, digelar acara wisuda siswa kelas IX MTsN 4 Surabaya yang dibuka oleh Kepala Madrasah, H. Choirur Roziqin, S.Ag.,M.Pd. Acara yang dihadiri 270 siswa kelas IX A – H beserta walisiswa dan undangan ini berlangsung khikmat dan bertabur kebahagiaan. Hadir pula, Kepala Kementrian Agama Kota Surabaya, Dr. H. Pardi, M.HI. untuk memberikan pembinaan.

Serangkaian acara wisuda dibuka dengan pembacaan basmalah yang dipimpin oleh pembawa acara. Selanjutnya, hadirin berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Madrasah. Hadirin tampak terhanyut dalam simfoni nada yang berkumandang memecah keheningan dalam ruangan yang cukup besar dan megah itu.

Selanjutnya, adalah acara prosesi wisuda. Satu per satu siswa, melangkahkan kaki dengan tenang menuju ke atas panggung besar yang berada di tengah ruangan itu. Mereka menerima map ijazah dari walikelas masing-masing, bersalaman dengan Kepala Sekolah dan berfoto bersama. Senyum bahagia tersungging pada raut wajah mereka.

Setelah acara prosesi wisuda tuntas dilaksanakan, dilanjutkan dengan acara hiburan bertema Indahnya Indonesia Laksana Zamrud Khatulistiwa. Acara ini secara apik menampilkan kolaborasi tari dari seluruh propinsi di Indonesia. Sebagai pembuka serangkaian kolaborasi tari ini adalah sajian Tari Remo yang berasal dari Jawa Timur. Disusul Tari Serampang Duabelas yang merupakan tarian tradisional dari propinsi Sumatera Utara dengan perpaduan gerak Melayu Deli dan dua belas macam gerakan. Selanjutnya, Tari Ular yang membuat hadirin merasa senang sekaligus deg-degan. Tari Saman yang dibawakan dengan apik dan rancak oleh para penari juga turut meramaikan sesi acara hiburan ini disusul beberapa tarian lainnya. Sesi acara yang sukses menampilkan keindahan dan keunikan budaya-budaya di bumi pertiwi ini.

Seluruh rangkaian acara wisuda kelas IX MTsN 4 Surabaya telah dihelat dengan sukses. Pesan yang disampaikan kepada seluruh siswa adalah tetaplah pandai bersyukur atas segala karunia terkhusus karunia dapat lulus dari jenjang SMP. Tetaplah berjuang mewujudkan impian, cita, dan harapan karena sesungguhnya kelas IX bukanlah akhir perjalanan melainkan awal dari perjuangan di jenjang selanjutnya. Tak lupa, doa pun dipanjatkan di akhir acara, semoga seluruh siswa yang lulus dapat meraih kesuksesan di masa depan, menjadi manusia berakhlak karimah dan penuh manfaat bagi sesama dan semesta.

* * -- * * * -- * *

Demikianlah kawan, hasil suntinganku. Semoga tetap dapat menyampaikan pesan inspiratif bagi kawan di mana pun berada. Aamiin ya Rabbal’alamiin. In syaa Allah, besok disambung lagi dengan hasil suntingan berikutnya. Semoga sehat selalu dan tetap pandai bersyukur.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallah Dik.

24 Jun
Balas

Aamiin ya Rabbal'alamiin.

01 Nov
Balas



search

New Post