Maryono,S.Pd.I

Maryono_Lahir di Cilacap dan berdomisisli di Kota Cilacap. Saat ini sebagai tenaga pendidik di MTs Negeri 5 Cilacap...

Selengkapnya
Navigasi Web

ETIKA PERGAULAN PARA REMAJA

Remaja adalah sosok generasi yang memiliki semangat dan kekuatan yang lebih. Ini dapat kita lihat pada anak-anak yang sudah duduk dibangku SMP/MTs sederajat. Peserta didik pada tingkat satuan pendidikan SMP/MTs sederajat secara umum berada pada usia remaja, yakni kisaran umur 12 – 15 tahun.

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992).

Pada masa remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Zakiah Darajat (1990: 23) mengemukakan bahwa remaja adalah masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.[1]

Hal senada diungkapkan oleh Santrock (2003: 26) bahwa adolescene diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional.

Dimasa remaja inilah penting bagi mereka untuk menerapkan etika dalam pergaulan sehari-hari. Karena dengan etika itulah para remaja akan terjaga kehormatannya dan akan membawa nama baik orang tua, keluarga dan masyarakat.

Itu sebabnya pembahasan etika dalam pergaulan remaja sangat penting sebagai pengetahuan dan selanjutnya sebagai sandaran dalam tindak dan berperilaku dalam pergaulan.

Dalam pergaulan hendaklah terjalin sikap tafahum [saling memahami] apalagi seorang muslim dengan saudaranya sesama muslim, yang diawali dengan kesepahaman dalam prinsip-prinsip pokok ajaran Islam, lalu dalam masalah-masalah cabang yang juga perlu dipahami secara bersama. Pergaulan yang baik ialah melaksanakan pergaulan menurut norma-norma kemasyarakatan yang tidak bertentangan dengan hokum syara’, serta memenuhi segala hak yang berhak mendapatkannya masing-masing menurut kadarnya.[2]

Dengan demikian ahklak mulia dalam pergaulan adalah akhlak yang sesuai dengan ketentuan yang ada dalam dalam alqur’an dan hadist. Akhlak dalam pergaulan yang baik telah diajarkan oleh rasullullah kepada setiap umat khususnya umat islam. Setiap aturan dalam islam tentang akhlak dalam pergaulan bertujuan tentang cara bagaimana manusia memposisikan dirinya sebagai mahkluk tuhan demi terwujud suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat sesuai dengan yang diingankan oleh Allah SWT.

Akhlak yang baik adalah fondasi agama dan merupakan hasil dari usaha orang-orang yang bertakwa. Memiliki akhlak yang baik, seseorang akan diangkat derajatnya kederajat yang lebih tinggi oleh tuhan. Aklhak mulia tersebut menyangkut tentang etika, budi-pekerti dan moral sebagai manifestasi dari pendidikan agama.

Tegaknya aktivitas keislaman dalam hidup dan kehidupan seseorang itu yang dapat menerangkan bahwa orang itu telah memiliki akhlak yang baik. Semua bermuara pada realisasi tanggung jawab kepada Allah SWT. Jika seseorang telah memahami tentang akhlak maka akan menghasilkan kebiasaan hidup yang baik yang diinginkan oleh Allah SWT.

[1] https://ruangguruku.com/pengertian-remaja/

[2] https://www.nu.or.id/post/read/73959/pergaulan-dalam-pandangan-islam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post