Mas Rahman

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menanam Pohon, Menanam Kebaikan.

Menanam Pohon, Menanam Kebaikan.

Menanam Pohon, Menanam Kebaikan.

Mas Rahman

Tulisan ke 205

*****

Tuhan menciptakan pohon dengan sejuta manfaat. Seluruh bagian pohon sangat berarti bagi kelangsungan kehidupan manusia. Pohon memberikan oksigen. Daunnya digunakan obat dan atap rumah. Buahnya dimakan dan untuk minuman kesehatan. Kayunya digunakan untuk tiang rumah, membuat jembatan dan membuat perahu. Akar berguna untuk menguatkan tanah agar tidak terjadi longsor dan mencegah banjir.

Sebelum tahun 2000, hutan Indonesia dianggap sebagai paru-paru dunia. Karena lebih dari 67 persen itu berada di wilayah Indonesia. Tetapi karena banyak penebangan liar, akibatnya setiap tahun jumlah hutan di wilayah Indonesia semakin berkurang luasnya.

Setiap tahun pada tanggal 28 Nopember selalu diperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. Tujuannya untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem, memperbaiki, merehabilitasi hutan dan lahan yang ada di seluruh Indonesia.

Aku selalu melihat facebook Vicky. Di FB nya selalu diposting kesibukan dengan aktivitas menanam. Aku like dan komentarin, " menanam pohon, menanam kebaikan ". Vicky membalas, " Thanks Mas ".

Vicky profesi sebagai Guru, Pejuang tanpa tanda jasa. Dan mempunyai hobi mengoleksi tanaman hias dan suka berkebun. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang kosong untuk berkebun. Menanam bunga, pohon serta menyirami air dipagi hari dan sore hari merupakan rutinitas yang menyenangkan.

Dengan adanya tumbuh-tumbuhan dan pepohonan menjadikan lingkungan terasa nyaman, sejuk, mencegah kebisingan, kepanasan dan pemandangan menjadi lebih indah. Vicky selalu menjaga tumbuh tumbuhan serta pepohonan, dengan tidak menebang sembarangan disekitarnya dan dihutan. Vicky selalu mengajak teman-temannya untuk menamam pohon. Apalagi di Sumatra Barat khususnya Kota Pariaman banyak lahan kosong. Karena dengan menanam pohon sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap bumi. Dengan menanam pohon dan memelihara hutan dapat memberikan kesejahteraan untuk manusia.

Vicky merasakan manfaat menanam tumbuh-tulmbuhan dan pohon karena memberikan kebaikan dunia dan di akhirat. Di dunia dengan menamam, ada kebaikan yang dihasilkan berimplikasi kepada orang yang menanam dan masyarakat disekitarnya. Dan kebaikan di akhirat, dengan menanam pohon kemudian tumbuh, berkembang dan berbuah. Hasil dari manfaatnya akan diganjar dengan pahala. Harapan Vicky dengan menanam pohon menginspirasi orang lain untuk juga menanam pohon.

" Menanam pohon, Menanam Kebaikan ". - Vicky Mustaf.

Mari kita jaga pohon kita untuk generasi akan datang.

Salam Literasi.

Pariaman, 27/3/24.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ceritanya, sukses selalu.

27 Mar
Balas



search

New Post