Masrukah Azizah

Ingin selalu bermanfaat untuk orang lain.Setiap pagi menyapa dan tersenyum bersama siswa-siswi MI Unggulan Al Ishlah Tembokrejo. Mengajar adalah ibadahku...men...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bertanam Kangkung dengan Media Air

Pagi ini sambil menunggu sepeda motor diservis, aku sempatkan menulis kegiatanku di Minggu ini yaitu menanam sayur-sayuran; Ada kangkung, cabe, terong dan jamur janggel.

Untuk menjadi seorang petani ternyata tidak harus punya sawah yang luas perpetak-petak. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit pun kita bisa menyalurkan hobi tersebut. Bahkan tanpa media tanahpun bisa yaitu dengan media air. Kita tinggal menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti: peralon, botol bekas, timba, dan media tanamnya.

Ternyata dengan peralatan sederhana dan kemauan meluangkan waktu, semua bisa kita lakukan.

Kali ini aku akan memperlihatkan hasil tanaman sayur kangkung, yang aku tanam dengan media air.

Mengapa aku memilih sayuran kangkung? Karena kangkung mudah hidup di air, dan sayuran ini banyak disukai orang. Anak-anak pun suka. Bermacam-macam varian menu dari kangkung, bisa ditumis, oseng balado, sayur bening, diolah apa saja rasanya endoss nyakk...

Yang ingin menanam kangkung dengan media air bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut :

# Pertama aku menyiapkan kempleng(wadah apa saja) yang sudah tidak terpakai sisa minyak 5 literan untuk wadah air nutrisi. Kempleng aku lubang menjadi 6 lubang dengan pisau cater tajam

# Kita siapkan juga beberapa botol aqua gelas untuk menyemai benih kangkung yang sudah dilubangi bagian bawah lalu kita isi dengan 2 lembar kapas.

# Kemudian botol gelas aqua kita masukkan pada lubang-lubang kempleng yang sudah diisi dengan air nutrisi kira-kira seperempat jari.

# Setelah benih kita rendam semalaman, kita masukkan kira-kira 10 biji ke dalam botol aqua yang sudah kita siapkan

Jika botol semua sudah terisi benih, kita tinggal mengontrol air nutrisi yang menjadi bahan pokok makanan kangkung untuk perkembangan selanjutnya.

Kita tinggal menunggu kangkung tumbuh dewasa yang bisa kita panen secara bergantian. Di samping membantu kebutuhan sayur dapur, di masa pandemi bisa kita isi dengan aktivitas yang bermanfaat.

Demikian sahabat cara menanam kangkung dengan media tanam air yang bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja, selamat mencoba !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siip .... air nutrisi air dan apa ya bunda..

23 Aug
Balas

Wah hebat, ketahanan pangan, nih salam literasi, Saya sudah follow ibu, ditunggu follow baliknya

23 Aug
Balas

Trimksih say oke

23 Aug

Menginspirasiku bu...untuk memanfaatkan jerigen bekas

24 Aug
Balas

Mantap Bun.Bisa juga buat dijusl ya Bun!Keren

23 Aug
Balas

Alkhmdlah

23 Aug

Keren Bu, sepertinya bisa dicoba ni, mengisi waktu dengan hoby memang menyenangkan, sukse selalu bu

23 Aug
Balas



search

New Post