Masrukah Azizah

Ingin selalu bermanfaat untuk orang lain.Setiap pagi menyapa dan tersenyum bersama siswa-siswi MI Unggulan Al Ishlah Tembokrejo. Mengajar adalah ibadahku...men...

Selengkapnya
Navigasi Web
KKM Muncar Menyongsong Program Saka Sana Saku

KKM Muncar Menyongsong Program Saka Sana Saku

Pada hari Kamis (12/8) bertempat di aula Geram. KKM Kec. Muncar telah mengadakan pelatihan menulis yang digagas oleh para kepala madrasah itu sendiri guna untuk mensukseskan program Kemenag yakni Saka Sana Saku ( Satu Kegiatan Satu Narasi Satu Buku). Diharapkan dalam pelatihan ini kepala madrasah bisa menulis kegiatan-kegiatan yang ada di madrasahnya. Kemudian di akhir tahun dari semua kegiatan bisa dijadikan sebuah buku.

Kegiatan ini diikuti seluruh kepala madrasah yang ada di Kecamatan Muncar. Dalam kegiatan ini Aminanto, M.Pd selaku Wasmad Kecamatan Muncar memberikan arahan dan bimbingan, selanjutnya dibantu oleh kepala MI Unggulan Al Islah Hj. Masrukah sebagai tutor. Beliau memberikan tips bagaimana menjadi penulis berita dan juga artikel populer.

Menulis itu bukan bakat, akan tetapi sebuah keterampilan yang terus diasah. Menulis menjadi penting yang harus dipelajari karena dapat membantu dalam mengkomunikasikan ide, pikiran, dan perasaan dengan jelas dan efektif.

Berikut adalah beberapa tips untuk belajar menulis:

1. Banyak membaca

Baca banyak buku, artikel, dan blog untuk mengembangkan perbendaharaan kata dan untuk mempelajari berbagai gaya penulisan yang berbeda.

2. Praktekkan Menulis Setiap Hari

Praktekkan menulis setiap hari untuk memperbaiki keterampilan menulis Anda. Cobalah mengekspresikan pikiran dan ide-ide dalam bentuk kalimat atau paragraf.

3. Mulailah dengan Tugas yang Mudah

Mulailah dengan menulis tugas yang mudah terlebih dahulu. Misalnya, menulis surat atau email kepada teman atau sesama siswa. Lakukan hal ini hingga Anda terbiasa menulis secara rutin.

4. Gunakan Struktur yang Jelas

Gunakan struktur yang jelas ketika menulis. Setelah menentukan topik tulisan, mulailah dengan membuat outline yang berisi ide-ide utama. Kemudian, urutkan ide-ide tersebut dan mulailah menulis paragraf-pangkalnya terlebih dahulu.

5. Baca Kembali Tulisan Anda dan Revisi

Baca kembali tulisan Anda dan cari kesalahan ejaan, tata bahasa dan penggunaan kata yang tepat. Setelah menemukan kesalahan tersebut, revisi tulisan Anda untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Dengan mempelajari tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan keterampilan menulis Anda dan membuat tulisan yang lebih jelas dan efektif.

Demikian ulasan pada kegiatan di Geram pagi ini.

Selamat menulis....

#SakaSanaSaku

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

12 Oct
Balas

Suwin bu

12 Oct

Suwin bu

12 Oct

Suwin bu

12 Oct

Suwin bu

12 Oct

Suwin bu

12 Oct

Suwin bu

12 Oct



search

New Post