Maurin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagai Bahan Kaya Karbohidrat Untuk Bayi 6 Bulan

Berbagai Bahan Kaya Karbohidrat Untuk Bayi 6 Bulan

Karbohidrat untuk bayi 6 bulan sangatlah penting. Lantaran nutrisi yang satu ini memberikan energi, serat dan bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Lalu karbohidrat seperti apa? Perlukah bunda membuatkan si kecil dari karbohidrat kompleks. Ide ini tentulah kurang tepat. Sebaiknya karbohidrat kompleks diberikan kepada si kecil yang sudah berusia 9 bulan ke atas. Bunda bisa menyuguhkan karbohidrat sederhana terlebih dahulu.

Sini kami bagikan bahan mpasi bayi 6 bulan dari karbohidrat simple dan kompleks ya

1. Pisang

Pisang adalah buah yag kaya akan karbohidrat dan sumber energi yang baik. Selain itu pisang baik bagi saluran pencernaan si kecil sehingga boleh dianggap super food. Cara memberikan pisang ke bayi juga cukup sederhana, bunda cuman perlu memotong buah pisang yang sudah matang kecil-kecil lalu dilembekkan dengan garpu atau diblender dengan ASI, air atau susu formula. Buat bayi yang lebih besar usianya, pisang bisa dijadikan cemilan. Bunda cukup memotongnya saja.

2. Ubi merah

Ubi merah kaya akan potasium, vitamin C, serat dan kaya akan beta karoten yang bisa mencegah kanker dan antioksidan yang baik. Bayi-bayi biasanya menyukai ubi merah karena manis. Dalam penyajiannya, bunda cukup memasaknya hingga lunak lalu hancurkan baik dengan garpu atau blender.

3. Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak sekali nutrisi. Dia memiliki protein yang tinggi dan memiliki kadar jenuh lemak yang rendah sehingga mencegah penyakit jantung. Bunda hanya perlu memilih alpukat yang matang. Setelah dibuang biji dan kulitnya, bunda bisa hancurkan lalu disajikan ke bayi. Bagusnya, alpukat ini cepat membuat si kecil kenyang, jadi bunda cukup memberikannya sedikit.

Tentunya ketiga makanan yang kaya akan karbohidrat untuk bayi 6 bulan ini perlu diimbangi dengan lauk yang lain. Karena kebutuhan si kecil tidak hanya karbohidrat namun juga protein. Bunda bisa memberikan atau mencampurkan beberapa bahan lainnya seperti daging ayam, kacang-kacangan seperti kacang polong, brokoli, bayam, tomat dan masih banyak lagi. Buah-buahan seperti apel, pepaya, pir juga bisa diberikan sebagai selingan.

Setelah melewati usia 9 bulan, si kecil sudah bisa mencicipi karbohidrat yang lebih kompleks.

1. Pasta

Pasta adalah makanan yang penuh karbohidrat dan bisa menyediakan energi bagi tubuh. Dengan rasa yang ringan dan bentuk yang lucu akan menarik perhatian si kecil. Pasta juga biasa kayak akan berbagai vitamin dan mineral seperti folic acid, zat besi dan vitamin B. Mereka juga menyediakan serat yang bagus. Bunda cukup memasaknya sehingga menjadi sangat lembut agar bisa dikunyah dan dicerna si kecil.

2. Beras Merah

Beras yang satu ini tidak gampang menyebabkan alergi. Dia mengandung serat yang cukup tinggi dan kaya akan protein vitmain V, asam folat, zat besi, kalium dan masih banyak lagi. Tentunya semua makanan ini bagus dan bermanfaat bagi si kecil. Bunda bisa memasak beras merah ini menjadi bubur dengan air atau kuah kaldu. Alhasil, si kecil pasti suka. Lagipula orang Indonesia kudu makan nasi toh.

3. Gandum Utuh

Gandum utuh sangat kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan si kecil. Dia juga mengandung vitamin B yang bagus untuk saraf dan juga otak. Gula yang dihasilkan oleh gandum juga tidak langsung diserap sehingga sehat bagi tubuh si kecil. Dalam penyajiannya, bunda cukup memasak gandum tersebut hingga menjadi lunak dan siap dimakan si kecil. Campurkan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ke kecil lainnya.

Sekian bahan makanan mpasi bayi 6 bulan dan bulan-bulan berikutnya yang kaya akan karbohidrat. Semoga bermanfaat bunda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post