Maya Pransiska

Perkenalkan saya Maya Pransiska, M.Pd. Mengajar di SMPN 1 Bengkulu Selatan sebagai guru bahasa Indonesia. Saya lahir di Manna, 1 Januari 1980. Istri dari Imlan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENDAP

PENDAP

Maya Pransiska

#Tantangan Menulis Hari Ke-24

#TantanganGuruSiana

PENDAP

Pendap merupakan salah satu kuliner khas Bengkulu Selatan. Pendap ini memiliki cita rasa khas yang dapat menggugah selera makan, terutama aroma bumbu dan daun talas sebagai pembungkusnya. Rasa bumbu pendap ini juga sangat khas dan gurih, sehingga memakannya dengan nasi panas amatlah lezat.

Pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda. Bumbu yang bercampur dengan kelapa muda selanjutnya dibungkus daun talas, dimasukkan sepotong ikan, lalu direbus selama 8 jam. Dengan racikan bumbu dan bahan tersebut, pendap memiliki rasa pedas dan gurih, sehingga sangat pas untuk lauk makan nasi yang bisa meningkatkan selera makan seseorang.

Pendap ini telah menembus pasaran sejumlah kota di Indonesia, seperti Jakarta, Lampung, Pangkal Pinang, Jambi, dan Palembang. Hebatnya lagi, makananyang memiliki rasa pedas dan gurih ini juga telah sukses menembus pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang, dll. Pendap seringkali menjadi makanan favorit para wisatawan dari dalam maupun luar Sumatera. Para perantau jika mudik ke Bengkulu Selatan, seringkali mencari pendap yang selalu dirindukan ini. Pendap memiliki kesamaan dengan pepes ikan, terutama cara pembuatannya. Perbedaannya adalah bahan yang digunakan dan daun talas sebagai pembungkusnya, serta diikat dengan tali rafiah. Kandungan gizi yang tinggi pada ikan laut sangat baik untuk sumber protein.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aku suka pendapat. Nikmat rasanya.

25 Jul
Balas



search

New Post