Media Syofyanti

Pengawas Sekolah Muda...

Selengkapnya
Navigasi Web
Telaah Butir IASP-2020 Komponen Mutu Lulusan (3)
Sumber: Kepmendikbud RI No. 1005/P/2020

Telaah Butir IASP-2020 Komponen Mutu Lulusan (3)

Lanjutan..........

Sebelumnya.....

1. "Telaah Butir IASP-2020 Komponen Mutu Lulusan (1)" dengan link: https://mediasyofyanti6.gurusiana.id/article/2021/01/telaah-butir-iasp-2020-komponen-mutu-lulusan-1-4924194

2. "Telaah Butir IASP-2020 Komponen Mutu Lulusan (2)" dengan link: https://mediasyofyanti6.gurusiana.id/article/2021/01/telaah-butir-iasp-2020-komponen-mutu-lulusan-2-4431084#!

Butir Inti Ke-4

Dari butir inti keempat ini, pembuktian kinerjanya dilakukan melalui telaah dokumen, angket dan wawancara.

Telaah Dokumen

Dokumen yang harus ada adalah:

1. Catatan guru/wali kelas yang mencakup jenis perundungan yang terjadi, bentuk pembinaan yang diberikan, dan jenis sanksi yang diberikan

2. Laporan kegiatan pencegahan perundungan yang mencakup agenda, panduan, dan partisipasi siswa

3. Media afirmasi dalam bentuk poster/banner/spanduk/leaflet

Angket

Beberapa perwakilan siswa dari setiap tingkat diminta untuk mengisi angket yang telah sisediakan terkait perundungan.

Wawancara

Wawancara dapat dilakukan terhadap Kepala sekolah/wakil, guru dan perwakilan orang tua terkait perundungan

Berdasarkan analisis pada tabel kerja yang dilakukan melalui telaah dokumen, angket dan wawancara, dapat disimpulkan capaian level kinerja dari sekolah/madrasah yang diakreditasi.

Butir inti ke-5

Dari butir inti kelima ini, pembuktian kinerjanya dilakukan melalui observasi, telaah dokumen dan wawancara.

Observasi

Aspek yang diobservasi adalah:

1. Keterampilan berkomunikasi yang efektif dan beretika secara lisan dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil karya, dapat dilihat dari: a. keterampilan bertanya dan menjawab; b. keterampilan mengemukakan pendapat; c. keterampilan melakukan presentasi; dan d. keterampilan memanfaatkan TIK (multimedia).

2. Keterampilan berkomunikasi yang efektif dan beretika secara tertulis dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil karya, dapat dilihat dari: a. keterampilan membuat kalimat efektif; b. keterampilan membuat paragraf efektif; c. keterampilan membuat karya tulis; dan d. keterampilan membuat tulisan di media elektronik/cetak.

Telaah Dokumen

Dokumen yang harus ada adalah:

1. Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media luring, dan Nilai yang diperoleh siswa;

2. Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan.

3. Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tertulis.

Wawancara

Wawancara dapat dilakukan terhadap kepala/wakil kepala sekolah, guru dan siswa terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan & tertulis

Berdasarkan analisis pada tabel kerja yang dilakukan melalui observasi, telaah dokumen, dan wawancara, dapat disimpulkan capaian level kinerja dari sekolah/madrasah yang diakreditasi.

Bersambung............

Semoga Bermanfaat

#Tulisan Ke-178

#Tagur Hari ke-139

Muaro Sijunjung, 28 Januari 2021

Media Syofyanti, S.Pd., M.Eng (Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Cabang Dinas Wilayah V Muaro Sijunjung dan Asesor BAN S/M Provinsi Sumatera Barat)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post