Media Syofyanti

Pengawas Sekolah Muda...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Sehat dan Bugar Saat Berpuasa
Bulan Ramadhan 1442 H

Tips Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Insya Allah besok kita akan memasuki bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan 1442 H. Bulan dimana orang-orang beriman diwajibkan untuk berpuasa, bulan penuh ampunan.

Alhamdulillah, hari Ahad kemaren saya dapat pencerahan tentang tips sehat dan bugar saat berpuasa dalam acara Tarhib Ramadhan bersama Pimpinan Daerah (PD) Salimah Kab. Sijunjung Sumatera barat.

Tarhib Ramadhan secara terminologis (istilah) dapat diartikan menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keluasan, kelapangan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki baik materil maupun spritual, jiwa dan raga serta segala yang ada dalam diri kita.

Pembicara dalam acara tersebut adalah dr. Fitri Yarti dan Ustazah Yusfit Helmi, Lc secara daring melalui zoom meeting. Banyak ilmu dan pencerahan yang didapatkan sehubungan dengan tips sehat dan bugar saat berpuasa.

Melalui tulisan ini ijinkan saya membagikan tips sehat dan bugar tersebut saat berpuasa untuk kita bersama melalui screenshot slide yang ditayang oleh pembicara dalam acara tersebut.

Pembahasan pertama dimulai dari arti kata sehat dan bugar.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan "sehat belum tentu bugar, tetapi bugar sudah pasti sehat".

Dengan melaksanakan tips sehat dan bugar saat berpuasa di atas kita lancar melaksanakan ibadah puasa hingga sebulan penuh sambil juga mengerjakan ibadah-ibadah ramadhan yang lain seperti sholat tarawih di malam harinya.

Diatas telah dipaparkan tips sehat dan bugar untuk fisik atau jasmani saat berpuasa, maka untuk tips sehat dan bugar untuk rohani atau ruhiyah kita dapat dilakukan dengan antara lain:

1. memperbanyak tilawah Al-Quran

2. Zikir dan doa Rasulullah pagi dan petang (Al-Ma'tsurat)

3. Sholat Dhuha

4. Sholat Tahajud

5. Infak dan Sedekah

6. dll

Amalan-amalan diatas dibulan Ramadhan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Demikianlah dipaparkan tips sehat dan bugar untuk jasmani dan rohani kita selama bulan yang penuh ampunan ini, semoga Allah SWT selalu memberi kita kekuatan, kesehatan dan kemudahan untuk melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan tahun ini. Aamiin Ya Rabb.

Semoga Bermanfaat

#Tulisan Ke-250

#Tagur Hari ke-6

Muaro Sijunjung, 12 April 2021

Media Syofyanti, S.Pd., M.Eng (Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Cabang Dinas Wilayah V dan Asesor BAN S/M Provinsi Sumatera Barat)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

12 Apr
Balas

terima kasih pak dede

12 Apr



search

New Post