Media Syofyanti

Pengawas Sekolah Muda...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wakelet untuk Pembelajaran (1)
Sumber: Binus University dan Pak Eric Kunto Ariwibowo

Wakelet untuk Pembelajaran (1)

Hari ini dapat pencerahan lagi setelah mengikuti Forum Ilmiah ke-43 yang diadakan oleh APSI Pusat dengan salah seorang pemakalahnya Bu Hetiniah, S.Pd Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara dengan judul "Wakelet Solusi PJJ untuk Bimlat Guru melalui Zoom Meeting.

Bermodalkan informasi awal dari Bu Heti, saya berselancar mencari informasi lebih banyak tentang Wakelet ini. Alhamdulillah saya dapat informasi lengkap dari Ambasadornya Wakelet Indonesia yaitu Bapak Eric Kunto Ariwibowo.

Ternyata Wakelet ini mulai muncul tahun 2018. Wakelet merupakan sebuah aplikasi konten kurasi dan referensi gratis yang berasal dari UK. Wakelet juga merupakan sebuah start-up di bidang teknologi yang didirikan oleh Jamil Khalil, yang sebelumya bekerja di Airbus. Setelah melakukan observasi yang cukup panjang mengenai cara kerja disekitarnya, Jamil terdorong untuk menciptakan aplikasi yang dapat berguna dan menyesuaikan dengan teknologi yang ada saat ini.

Pada 2018, Wakelet telah memiliki 3 Juta pengguna, dimana separuhnya berasal dari Amerika Serikat. Jumlah tersebut masih terus meningkat setiap harinya. Aplikasi Wakelet juga di klaim sebagai “go-to-edtech tool” bagi banyak sekolah dan universitas. Beberapa Universitas terkemukapun telah mengadopsi media daring melalui aplikasi Wakelet, diantaranya University of Cambridge, Harvard University, Manchester Metropolitan Univesity, dan University of London. Selain itu banyak juga perusahaan yang telah menggunakan Wakelet, tercatat hingga saat ini FC Barcelona, Coca Cola, dan Atlanta Hawks sebagai perusahaan yang aktif menggunakan Wakelet.

Fitur apa saja yang membuat Wakelet spesial? Wakelet dapat digunakan untuk mengkurasi dan menyimpan artikel, video, gambar, tweet, dan link lainnya yang dapat digabungkan kedalam artikel. Selain itu, fitur dibuat sederhana dan intuitif yang memberikan anda kemampuan untuk mengatur dan membuat konten yang mudah dikelola. Wakelet menawarkan hal yang belum pernah ditawarkan oleh aplikasi setipe sebelumnya. Wakelet memungkinkan anda untuk meng-export konten yang telah anda buat dan megizinkan anda untuk menempelkan link dari berbagai sumber, misalnya Facebook, Instagram, Flickr, Souncloud, Tumblr, Youtube, Google Maps, dan lainnya.

Dari berbagai literatur dapat disimpulkan bahwa Wakelet adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan oleh guru untuk mengumpulkan/membuat materi ajar dari berbagai sumber (dengan menyematkan link-link pembelajaran dari artikel, video, blog, tweet, postingan facebook, dokumen, dan sumber internet lainnya) dan juga dapat digunakan oleh guru untuk membuat Portofolio digital dalam bentuk kumpulan sertifikat-sertifikat digitalnya.

Dengan Wakelet para guru juga dapat berbagi dan berkolaborasi tentang konten-konten pembelajaran yang mereka punya, atau dapat membuat konten kolaborasi dengan pengguna Wakelet lainnya.

Cara memanfaatkan aplikasi wakelet ini dalam pembelajaran akan dibahas pada tulisan berikutnya.

Bersambung...........

Semoga Bermanfaat

#Tulisan Ke-254

#Tagur Hari ke-10

Muaro Sijunjung, 16 April 2021

Media Syofyanti, S.Pd., M.Eng (Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Cabang Dinas Wilayah V dan Asesor BAN S/M Provinsi Sumatera Barat)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih infonya bu

17 Apr
Balas

moga bermanfaat bu

17 Apr



search

New Post