Mei Impiyani

Sebagai seorang Guru Bimbingan Konseling yang berpengalaman, saya memiliki komitmen untuk membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka. Saya berdedikasi untuk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.1Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan
Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1: Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.1Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan

Minggu: 1 & 2

Tanggal: 1 - 14 Februari 2024

Nama: Mei Impiyani, S. Psi

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Di postingan ini saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-9. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 3.1. dengan topik Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4 Topi (White, Red, Black, Yellow)

Topi Putih (Fakta):

Kegiatan Modul 3.1 ini diawali dengan kegiatan Pre Test untuk modul 3.1 Setelah mengerjakan Pre Test kegiatan dilanjutkan ke alur MERDEKA. Alur yang pertama mulai dari diri yang dilaksanakan bersamaan dengan Pre Test. Pada alur ini, saya menjawab pertanyaan pemantik mengenai maksud dari kutipan Bapak Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi mengenai beban dan amanah kepemimpinan. Kegiatan selanjutnya pada alur MERDEKA yaitu alur eksplorasi konsep. Alur eksplorasi konsep ini dibagi menjadi dua kegiatan. Kegiatan yang pertama saya mengeksplorasi sendiri pengetahuan saya melalui kegiatan membaca, mengomentari, menjawab pertanyaan, dan menganalisis kasus mengenai 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

Pada alur eksplorasi konsep yang kedua saya melakukan diskusi dengan memilih salah satu kasus dari 4 kasus yang tersedia mengenai dilema etika dan bujukan moral. Saya juga mengomentari hasil analisis rekan CGP yang lain. Kegiatan selanjutnya yaitu alur ruang kolaborasi yang pertama. Pada kegiatan ini saya mendapatkan pemahaman dan ilmu mengenai pengambilan keputusan dari fasilitator. Kemudian fasilitator juga memfasilitasi saya bersama CGP yang lain untuk berkelompok menganalisis kasus. Saya bersama 3 rekan CGP lainnya menganalisis bersama-sama sebuah kasus dilema etika yang pernah dialami oleh saya. Kemudian kami bersama-sama menyusun hasil analisisnya untuk dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya masih pada ruang kolaborasi. Pada ruang kolaborasi yang kedua saya bersama rekan-rekan saya mempresentasikan hasil diskusi. Tugas saya pada kegiatan ini yaitu sebagai notulis dan membantu menjawab pertanyaan dan menjadi penananggap hasil diskusi kelompok lainnya.

Kegiatan dilanjutkan pada demonstrasi kontekstual. Pada alur ini saya dituntut untuk membuat sebuah wawancara bersama 2-3 kepala sekolah mengenai pengambilan keputusan. Saya mewawancarai 3 kepala sekolah yaitu Bapak Sugiyo, S. Pd. M.M. sebagai kepala sekolah saya di SMA Negeri 1 Widodaren, kemudian Bapak Anis Dwi Santosa, S.Psi selaku kepala

sekolah di SD Negeri Sekaralas 3, dan Bapak Drs. Bambang Hadisucipto, M. M. Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pacitan.

Tahapan selanjutnya yaitu tahapan Elaborasi Pemahaman. Pada tahapan ini saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pengambilan keputusan yang dibimbing oleh instruktur.

Kegiatan selanjutnya yaitu koneksi antar materi. Pada kegiatan ini, saya membuat hubungan antar materi yang sudah dipelajari mulai dari modul 1 sampai modul 3.1 dengan cara menjawab 14 pertanyaan.

Kegiatan yang terakhir adalah aksi nyata. Disini Saya membuat rancangan aksi nyata pada modul 3.1 ini yaitu dengan melakukan desiminasi, membantu menyelesaikan masalah dengan membuat keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

Topi Merah (Perasaan):

●Saya merasa tertantang untuk memahami dan menerapkan konsep nilai-nilai kebajikan dalam pengambilan keputusan.

●Saya merasa ragu saat harus mengambil keputusan dalam situasi dilematis yang melibatkan berbagai nilai-nilai kebajikan.

●Saya merasa senang ketika berhasil menyelesaikan studi kasus bersama rekan CGP dengan menerapkan nilai-nilai kebajikan.

Topi Hitam (Kritik):

●Saya masih merasa kesulitan untuk menyeimbangkan berbagai nilai-nilai kebajikan dalam pengambilan keputusan.

●Saya perlu meningkatkan kemampuan saya untuk menganalisis situasi dilematis dengan mempertimbangkan nilai-nilai kebajikan.

●Saya perlu lebih banyak belajar tentang bagaimana mengkomunikasikan nilai-nilai kebajikan kepada orang lain dalam proses pengambilan keputusan.

Topi Kuning (Kreatif):

●Saya dapat mengembangkan strategi untuk menerapkan berbagai model pengambilan keputusan dalam situasi yang kompleks.

●Saya dapat menemukan cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi saya dalam bekerja sama dengan orang lain.

●Saya dapat mengidentifikasi nilai-nilai dan keyakinan yang dapat membantu saya dalam mengambil keputusan yang lebih efektif.

Modul 3.1 telah memberikan saya banyak pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang efektif. Saya belajar tentang berbagai model pengambilan keputusan dan cara menggunakannya dalam situasi yang berbeda. Saya juga belajar tentang pentingnya nilai-nilai dan keyakinan dalam pengambilan keputusan. Saya yakin bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam modul ini akan membantu saya untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang lebih efektif.

Tindak Lanjut:

●Saya akan terus belajar dan mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan saya.

●Saya akan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam modul ini dalam praktik mengajar saya.

●Saya akan bekerja sama dengan orang lain untuk membuat sekolah saya menjadi tempat yang lebih baik bagi semua murid.

Demikian Refleksi saya di modul 3.1 ini.

Wassalamualaikum Wr, Wb.

Salam Guru Penggerak,

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post