Mei Impiyani

Sebagai seorang Guru Bimbingan Konseling yang berpengalaman, saya memiliki komitmen untuk membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka. Saya berdedikasi untuk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional
JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 2.2

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Oleh: Mei Impiyani, S. Psi

Calon Guru Penggerak Angkatan 9

Fasilitator: Habibatul Wazna, M. Pd

Pengajar Praktik: Laurentinus Tri Is Julianto, S. Pd

Jurnal refleksi dwimingguan ini saya buat sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-9. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 2.2. dengan topik Pembelajaran Sosial dan Emosional. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional.

1. Fact (Peristiwa)

Saya memulai mempelajari modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional di LMS dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri

Pada tanggal 3 November 2023, saya mulai mempelajari modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk melakukan refleksi diri terkait kompetensi sosial dan emosional. Ada tujuh pertanyaan yang saya jawab

b. Eksplorasi Konsep

Di bagian eksplorasi konsep, saya belajar di LMS tentang pembelajaran untuk sosial dan emosional. Saya mulai belajar tentang definisi pembelajaran sosial dan emosional. Selanjutnya saya belajar mengenai kompetensi sosial dan emosional, kesadaran penuh (mindfulness), dan implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Adapun implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan di sekolah dapat dilakukan dengan cara:

1) Pengajaran eksplisit

2) Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik

3) Menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah

4) Penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah

Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron pada tanggal 8 - 9 November 2023. Ada 5 kasus yang harus saya dan CGP lainnya tanggapi dalam diskusi asinkron ini.

a. Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi di modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah presentasi hasil diskusi tersebut. Semua itu dilakukan secara daring melalui Gmeet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada Hari Rabu, 8 November 2023 pukul 15.00-18.00WIB.

Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Jumat, 10 November 2023 pukul 15.00 -18.00WIB.

a. Demonstrasi Kontekstual

Di bagian ini saya mendapatkan tugas membuat RPP berbasis kompetensi sosial dan emosional. Tugas demonstrasi kontekstual ini saya buat pada tanggal 14 Agustus 2023

b. Elaborasi Pemahaman

Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman saya akan materi konsep di Modul 2.2. ini adalah:

1. Dalam pengelompokan murid dalam mengerjakan tugas seharusnya dilakukan sesuai minat, tetapi pada kenyataannya murid lebih memilih kenyamanan daripada minat dan bakat yang dimilikinya, sehingga mereka lebih memilih satu kelompok dengan teman yang dekat walaupun minatnya berbeda. Bagaimana solusi terbaik untuk masalah ini?

Saya juga melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada hari Rabu, 14 November 2023 pukul 13.00-15.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah bapak PRIYANDONO.

a. Koneksi Antar-Materi

Di bagian koneksi antarmateri Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional, saya melakukan refleksi pengetahuan sebelum, selama, dan sesudah mempelajari modul. Tugas koneksi antar materi ini saya unggah ke LMS pada tanggal 15 November 2023.

b. Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 2.2 yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya melakukan pembelajaran berbasis kompetensi sosial dan emosional. Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4

indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional

pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya.

2. Feeling (Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul 2.2., saya merasakan perasaan yang semangat dan senang. Saya bersemangat karena di modul 2.2. saya belajar mengenai pembelajaran berbasis KSE yang bisa diterapkan di kelas maupun di sekolah. Saya pun senang karena bisa mengetahui pembelajaran berbasis KSE yang sangat bermanfaat bagi praktik pembelajaran yang saya lakukan di kelas. Saya juga senang karena bisa berkolaborasi dengan rekan sesama calon guru penggerak.

3. Findings (Pembelajaran)

Di Modul 2.2. saya mendapatkan materi tentang pembelajaran sosial dan emosional. Saya memahami tentang definisi pembelajaran sosial dan emosional, teknik mindfulness, kompetensi sosial emosional, dan cara implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas maupun sekolah.

4. Future (Penerapan)

Setelah memahami materi dalam modul 2.2. tentang pembelajaran sosial dan emosional, saya akan menerapkan pembelajaran berbasis KSE di sekolah. Tentunya dengan melakukan perencanaan yang matang, mulai dari pembuatan RPP/modul ajar, pembuatan/persiapan

media, dan lain-lain.

Demikian refleksi dwi mingguan modul 2.2. yang bisa saya tuliskan. Terima kasih dan semoga

bermanfaat.

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

05 Dec
Balas

terimakasih kak, salam kenal

11 Feb



search

New Post