Meike Imelda Wachyu

Meike Imelda Wachyu lulusan Bahasa dan Sastra Inggris S1, UNSIL Universitas Siliwangi Tasikmalaya tahun 1998 kemudian tahun 2015 menyelesaikan pr...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manajemen Mutu (H-9)

Manajemen Mutu (H-9)

Visi Pendidikan

Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui ercipta pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertaqwa pada Tuhan YME. Dan berakhlak mulia bergotong royong dan kebinakaan.

Sekolah penggerak bukanlah sekolah unggulan, tidak mengubah input, mengubah proses dan meningkatkan kapasitas SDM. Program sekolah penggerak mempercepat peningkatan mutu Pendidikan di daerah. Setiap tahun mempunyai kebijakan mutu. Setelah melakukan tinjauan manajemen yang dinilai secara kualitatif dan kuantitas. Sistem penajemenan mutu dengan menggunakan ISO.

Grand design Bidang GTK Guru Juara

Gubernur punya program  Bidang GTK Guru Juara. Guru Juara adalah Guru professional yang dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berkarakter dan kompetitif dalam mewudukan peserta didik Bahagia sejahtera.

Pemerataan rasio guru dan siswa. Pemenuhan kompetensi dan karir guru. Penghargaan dan perlindungan GTK.Sudah ada Pergub  Pemenuhan tunjangan guru, dengan demikian harus meningkatkan kinerja guru Karakter, kompetensi dan literasi.

Jumlah guru se jawa barat Guru PNS dan DPK 22.385 120.525 orang PNS 18.661 dan guru swasta 79.479. Guru yang sudah bersertifikat  1.461 yang dapat intensif 14.172 orang. Guru yang belum bersertifikat 17.200 orang. Guru yang belum intensif 5.422 orang. Dapat dibayarkan oleh BOS atau BOPD.

Kebijakan Penjaminan Mutu         

Dasar Hukum

Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan pemerintah no 57 Tahun 2021 Standar Nasional Pendidikan

Permendikbudristek 17 Tahun 2021 Asesmen Nasional

Paradigma Penjaminan Mutu dan Peningkatan Mutu

Logika system manajemen mutu  ada dengan cara contnue improvement semalam jadi bermutu

Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. Tinjauan manajemen terjaadi proses audit internal. Contoh keterserapan Masuk perguruan tinggi. Teori manajemen mutu merupakan alah satu alat atau metode atau Teknik majajemen mutu.  Standar penjaminan mutu internal dan eksternal.

Quality Assurance (QA) Memastikan kualitas suatu produk sesuai dengan ketentuan standar berlaku. Proses, cara , perbuatan menjamin. Penjaminan berasal dari kata jamin yang berarti tanggung, sedia. Peningkatan Mutu ( Quality Improvemenet/QI) Tindakan-tindakan yang diambil guna meningkatkan nilai produk untuk pelanggan melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi dari proses dan aktivitas. Proses, cara, perbuatan meningkatkan usaha, kegiatan dan sebagainya. Peningkatan berasal dari kata tingkat yang artinya susunan, tinggi rendah martabat/taraf dan tahap.

 

Siklus Peningkatan Mutu Pendidikan

Identifikasi dan rapor Pendidikan, penyusunan kebijakan program dan rencana kegiatan. Pemantauan implementasi. Pemenuhan SNP dalam lima dimensi pengukuran.  Mutu dan relevansi hasil belajar murid. Pemerataan Pendidikan yang bermutu. Kompetensi dan kinerja GTK, mutu dan relevansi pembelajaran dan pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel.

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah terima kasih pak salam literasi

01 Feb
Balas

Ulasan keren Bu Meike. Salam literasi, sukses selalu.

31 Jan
Balas



search

New Post