Meike Imelda Wachyu

Meike Imelda Wachyu lulusan Bahasa dan Sastra Inggris S1, UNSIL Universitas Siliwangi Tasikmalaya tahun 1998 kemudian tahun 2015 menyelesaikan pr...

Selengkapnya
Navigasi Web
MGMP

MGMP

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai asosiasi atau himpunan guru memegang peranan strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru melalui diskusi dan pelatihan. Peran utamanya adalah memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman.

Saya selama menjadi guru Bahasa Inggris sudah bergabung di organisasi ini. Banyak pengalaman yang dirasakan sebagai pengurus dan anggota MGMP Bahasa Inggris di wilayah saya. Banyak program yang sudah dilaksanakan bersama guru-guru Bahasa Inggris, diantaranya dalam pembuatan soal Ujian Nasional.

Kolaborasi dalam pembuatah Penelitian Tindakan Kelas bersam guru-guru Bahasa Inggris di SMA sekitar kota dan kabupaten. Selain kegiatan insidental kami juga melakukan kegiatan rutin dalam MGMP sebagai berikut: Diskusi tentang masalah yang terjadi pada proses pembelajaran, menyusun dan mengembangkan silabus, program semester, dan rencana program pembelajaran, pendalaman materi daan sharing model pembelajaran.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran/MGMP menurut saya merupakan forum yang memfasilitasi berkumpulnya guru mata pelajaran dalam mengembangkan profesionalitas kerja. Kami bisa mengikuti berbagai pelatihan dalam guru pembelajar melalui SIM PKB. Syarat yang mendasarinya, yaitu saya harus gabung dalam komunitas MGMP Kota tempat tinggal saya.

Dalam kegiatannya saya ikut berperan meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran. Saya dan teman guru lainnya dapat berdiskusi mengenai permasalahan yang terjadi sehari-hari selama proses belajar mengajar.

Berbagi informasi ilmu pengetahuan tentang pendidikan, misalnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, perubahan kurikulum, metodologi, dan sebagainya. Dampaknya bagi organisasi saya dan guru-guru Bahasa Inggris mampu meningkatkan kompetensi dalam penyelenggaraan pembelajaran aktif, inovatif, keratif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post