Meike Imelda Wachyu

Meike Imelda Wachyu lulusan Bahasa dan Sastra Inggris S1, UNSIL Universitas Siliwangi Tasikmalaya tahun 1998 kemudian tahun 2015 menyelesaikan pr...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengembangan Diri (H-7)

Pengembangan Diri (H-7)

Pengalaman yang sudah pernah saya lakukan dalam pengembangan terhadap orang lain baik dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya. Saya pernah mengikuti pendampingan rekan guru pada kurikulum 2013 sebagai guru pendamping. Workshop yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan provinsi Jawa barat. Saya bersama tim melaksanakan pendampingan ke sekolah-sekolah yang ada diwilayah saya. Saya bersama tim sekolah menyertai guru-guru dalam pembelajaran Bahasa. Pendapingan guru PPL di sekolah, beerja sama dengan mahasiswa berkolaborasi dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Motivasi saya melakukan pengembangan tersebut adalah agar saya bisa berinovasi dan berkarya. Misalnya dalam mengikuti kegiatan perlombaan OGN, menulis karya ilmiah, mengikuti lomba penghargaan literasi.

Hal yang menjadi fokus pengembangan yang saya lakukan dalam hal skill menulis sampai menghasilkan antalogi buku dan keterampilan komunikasi atau speaking. Dalam membangun kesepakatan antara saya dan peserta didik dan anggota komunitas, kami berkomitmen melaksanakan program guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan. Saya melakukan pengembangan yakni memberikan dukungan pada peserta didik dan komunitas dengan memberikan pemahaman terkait potensi yang berharga dan memotivasi orang lain dalam kelompok serta memberikan dukungan moril.

Kesepakatan yang kita buat bersama secara musyawarah mufakat tidak mengambil keputusan secara sepihak tanpa memberatkan salah satu pihak tertentu. Dengan kesepakatan bersama tentang program yamg sudah dirumuskan diawal, kami bisa melaksanakan kegiatan dengan lancar. Membaca buku dalam jangka waktu satu bulan merupakan salah satu program saya dengan komunitas menulis. Kegiatan membaca ini sudah berjalan dengan lancar. Peserta didik yang mampu menjawab tantangan membaca diberikan reward yakni hadiah menarik. Selain itu mengembangkan materi pembelajaran dengan kreatif dan inovatif adalah hal yang sudah kita sepakati bersama peserta didik yakni penggunaan media video, padlet, mind mapdan google classrom. Sebagai guru harus belajar banyak dan peserta didikpun belajar bersama.

Memberikan dukungan kepada kelompok atau orang yang dibina dan dibimbing yaitu peserta ddik dan anggota kelompok komunitas dengan memberikan pemahaman tentang kompetensi dan keahlian. Saya melakukan pengembangan yakni memberikan dukungan pada peserta didik dan komunitas dengan memberikan pemahaman terkait potensi kami yang berharga dan memotivasi orang lain dalam kelompok serta memberikan dukungan moril.

Kesepakatan yang kita buat bersama secara musyawarah mufakat tidak mengambil keputusan secara sepihak tanpa memberatkan salah satu pihak tertentu. Dengan kesepakatan bersama tentang tujuan bersama dengan berkomitmen melaksanakannya ddengan sebaik-baiknya. Dengan menghargai semua anggota komunitas dan peserta didik akan menghindari konflik perbedaan pendapat.

 

Untuk menumbuhkan motivasi salah satunya dengan dukungan moril dan materiil serta mengatur pola pikir tentang bekerja, bahwa bekerja sanganlah menyenangkan. Berfikir untuk bekerja dengan sepenuh hati diawal melakukan pekerjaan. Hambatan yang saya temui adalah ketika pola pikir kita yang berbeda satu dengan lainnya.Sehingga timbul perbedaan pendapat. Waktu dalam menyelesaikan pekerjaan diusahakan tepat waktunya walaupun agak kesulitan dikarenakan kesibukan anggota tim. Cara mengatasinya dengan komitmen pada tujuan dan waktu yang hendak dicapai,saling keterbukaan dan memotivasi antar anggota tim. Dengan mengapresiasi hasil kerja peserta didik yaitu dengan memberikan dukungan dan semangat sepertinya terus mengalir setiap harinya. Walaupun sesibuk apapun, tetapi seperti ada pengingat yang terus memotivasi untuk memberikan yang terbaik.

Setelah memberikan dukungan moril dan materiil para peserta bimbingan semakin semangat dan antusias mengikuti kegiatan yang sudah dijadwalkan. Dengan kerjasama dan diskusi kelompok memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan. Saya sebagai pendamping dalam pembuatan Penelitian Tindakan Kelas bersama rekan-rekan guru dengan kesepakatan dan motivasi agar dimudahkan dalam kenaikan pangkat kami sepakat melakukan kelas pertemuan. Begitupun dengan pembuatan antalogi buku dengan .komunitas para guru di kota saya. Dengan peseta didik hasilnya sangat memuaskan karena pertemuan rutin yang sudah disepakati. Menjalankan tugas dengan tepat waktu merupakan salah satu kunci sukses dalam mencapai tujuan. Peserta didik mampu menulis tentang deskripsi wisata di kota Tasikmalaya karena komitmen mereka. Siswa dapat menulis di paddlet dan di share di media sosial. Dan produk yang digasilkan yakni antalogi buku.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu

07 Aug
Balas



search

New Post