Penilaian ( H-10)
Pedoman Penilaian Hasil Belajar
Indikator :
1. Konsep penilaian
2. Manfaat
3. Prinsip
4. Langkah
5. Alat
6. Pedoman
7. Penyusunan
Konsep Penilaian
Pengukuran
Pemberian angka pada suatau karakteristik yang dimiliki seseorang. Hal atau objek tetrtentu menurut aturan/formulasi yang jelas dengan menggunakan alat. Contoh pengukuran tinggi dan berat badan.
Penilaian
Proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik dengan menggunakan
Evaluasi
Usaha untuk memperoleh informasi tentang proses dan hasil belajar. Proses untuk mengukur tujuan dan untuk membuat keputusan.
Penilaian Hasil Belajar substantive, tes pengukuran hasil belajar
Penilaian proses pembelajaran dikenal sebagai pem=nilaian diagnostic.
Manfaat Penilaian
Prinsip Penilaian
1. Valid ( sesuai dengan ukuran sebenarnya)
2. Reliable ( konsisten, dapat dipercaya dan diandalkan)
3. Terfokus pada kompetensi
4. Obyektivitas
5. Mendidik
6. Otentik ( alat ukur yang asli)
7. Akuntable ( dapat dipertanggungjawabkan)
8. Transparan
Domain
1. Kpgnitif
2. Afektif dan
3. Psikomotor
Penilaian
Bentuk penilaian
Tes tertulis : tes pilihan ganda, benar salah menjodohkan
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar