Meike Imelda Wachyu

Meike Imelda Wachyu lulusan Bahasa dan Sastra Inggris S1, UNSIL Universitas Siliwangi Tasikmalaya tahun 1998 kemudian tahun 2015 menyelesaikan pr...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan pekerjaan ( Hari ke-4)

Tantangan pekerjaan ( Hari ke-4)

Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks dalam pekerjaan adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru. Contoh pengalaman dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas. Permasalahan tentu selalu ada dalam melaksanakan tugas saya sebagai Guru, wali kelas, Ketua Lab Bahasa dan Pembina komunitas menulis di sekolah. Saya memiliki beberapa pengalaman dalam menghadapi siswa di kelas. Kegembiraan dan sebaliknya. Saat siswa sesuai dengan apa yang kita harapkan, misal tepat waktu dalam mengumpulkan tugas dan mendapat hasil ulangan yang memuaskan.

Sebaliknya, ketika siswa tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan misal tugas tidak dikumpulkan dan nilai masih dibawah KKM. Selain itu tantangan guru dalam pembelajaran di masa darurat kesehatan yakni mewabahnya Covid-19. Guru harus mampu melaksanakan pembelajaran daring. Pelaksanaan belajar mengajar jarak jauh dengan menggunakan berbagai aplikasi online sudah mampu saya laksanakan dengan mengikuti webinar-webinar.

Tugas saya sebagai guru yakni memberikan motivasi dan pendampingan serta pengayaan. Diharapkan dengan cara tersebut dapat meminimalisir permasalahan yang ada. Selain itu sebagai pendidik saya diberikan tugas tambahan sebagai wali kelas menemui tantangan yakni karakter siswa dan status sosial dan pendidikan yang berbeda. Dengan pendekatan kepada para siswa saya dapat mengenal lebih dekat mereka. Begitupun tugas saya sebagai ketua laboratorium bahasa di Sekolah Menengah Negeri Atas mengalami tantangan dalam memanajement laboratorium misalnya usaha untuk mengelola laboratorium. Pengelolaan laboratorium akan berjalan dengan lebih efektif bilamana dalam struktur organisasi laboratorium didukung oleh pimpinan atau kepala sekolah sebagai pengarah dan penasehat. Keberadaan sebuah laboratorium di sekolah kami bisa mendukung tujuan pendidikan yang akan dicapai. Salah satunya adalah memberikan ketrampilan psikomotorik dalam bentuk kerja praktikum atau riset bagi mahasiswa.

Begitupun sebagai pembina komunitas literasi sekolah, penting dalam berkomitmen yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan setiap minggunya. Membimbing siswa untuk suka dan hobi menulis merupakan tantangan yang haru saya hadapi dengan melatih siswa membaca satu buku dalam kurun waktu satu bulan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post