Meilia utami

Guru SMP IT Al Kahfi Pasaman Barat. Berasal dari Kenagarian Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Menulis, mengalir. Bagian dari kehidupan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenalkan Pendidikan Demokrasi Sejak Dini

Mengenalkan Pendidikan Demokrasi Sejak Dini

Layaknya Pemilihan Umum (Pemilu) sungguhan. SMP IT Al Kahfi Pasaman Barat adakan pemilihan calon ketua dan wakil ketua Osis mengikuti alur seperti Pemilu di Indonesia.

Selama satu minggu belakang ini. Suasana pesta demokrasi sangat terasa di SMP IT Al Kahfi. Pemilihan ketua Osis untuk periode 2019/2020. Pemilihan ketua Osis ini merupakan salah satu ajang belajar demokrasi bagi siswa. Meskipun mereka belum memiliki hak untuk memilih secara konstitusi, namun memahami demokrasi sejak dini merupakan salah satu usaha untuk melahirkan pemimpin dimasa depan. Serta agar para siswa tidak tabu lagi dengan namanya Pemilu.

Tahapan Pemilu ini dimulai dari membentuk kepanitiaan, kemudian membuka pendaftaran calon kandidat, seleksi calon kandidat beserta visi misi dan program kerjanya. Lalu masa kampanye, setiap calon harus memiliki tim sukses dan mencari pendukung sebanyak-banyaknya. Tahap selanjutnya kampanye terbuka di depan seluruh siswa, lalu debat calon kandidat, masa tenang dan terakhir Pemilu.

Layaknya Pemilu Sungguhan. Atmosfer yang tercipta juga seperti Pemilu sungguhan, dengan atribut sungguhan seperti kotak suara dan bilik pemilihan yang bekerjasama pengadaannya dengan pihak Komisi Pemilihan Umum. Kertas suara dibuat layaknya kertas suara sungguhan. Spanduk pasangan calon, poster-poster dari pendukung dan lainnya, menghiasi pesta demokrasi ini.

Sebelumnya, seluruh siswa sudah dibekali mengenai tata cara pelaksanaan setiap fase dari tahapan dari masa Pemilu ini. Agar Pemilu berjalan aman, damai dan tidak ada saling ejek antar pendukung.

SMP IT Al Kahfi membedakan antara Ketua Osis putra dan Putri. Untuk pemilihan Ketua Osis putra lebih dahulu dilaksanakan. Dari empat calon ketua Osis yang terdaftar. Maka satu pasangan calon sudah dinyatakan sebangai ketua Osis dan wakil ketua Osis terpilih yaitu Thariq Almas Neil Authar dan Azzumari Azra.

Sedangkan untuk pemilihan calon ketua Osis putri, besok akan dilaksanakan pemilihannya. Dari kegiatan ini, diharapkan seluruh siswa dapat mempelajari banyak hal terutama berkaitan dengan demokrasi melalui Pemilu. Agar kelak di masa depan mereka sudah matang dan menjadi pemilih yang cerdas dalam memilih pemimpin.

Pasaman Barat, 26/11/19

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post