Melvin Irawansyah

Seorang pembelajar. Berusaha mengajarkan apa yang telah dipelajari. Menggores karya dengan hati. Salam Literasi. Untuk saling sapa di media sosial, bisa b...

Selengkapnya
Navigasi Web
Benarkah, AlQur'an Turun Pada Tanggal 17 Romadhan

Benarkah, AlQur'an Turun Pada Tanggal 17 Romadhan

Benarkah Al-Qur'an Turun Pada 17 Romadhon?

Dalam surat Al-Qadr, Allah subhanahu wata'ala menyampaikan bahwa Al-Qur'an itu turun pada malam qadr. Apa itu malam qadr? malam qadr adalah malam dimana jika seorang hamba sedang beribada di malam tersebut maka pahalanya lebih utama dari seribu bulan.

Kapan terjadimya malam qadr? Dalam salah satu hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda, "carilah malam lailatul qadr pada sepuluh terakhir di bulan romadhan". Bahkan lebih rinci lagi Rasulullah menyebutkan carilah ia di malam-malam ganjil.

Kemudian mengapa kita di Indonesia selalu memperingati nuzulul qur'an (proses turunnya Al-Qur'an) pada setiap malam ke tujuh belas di bulan Romadhan?

Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma menjelaskan bahwa proses turunnya Al-Qur'an ada dua fase. Fase pertama turun secara keseluruhan yaitu dari lauhil mahfuzh ke baitul izzah di langit dunia, kemudian fase ke dua turun dari baitul izzah ke Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam secara bertahap sesuai dengan peristiwa dan keadaan, melalui perantara malaikat Jibril alaihis salam.

Adalah riwayat dari imam Al-Waqidi dengan sanad dari imam Al-Baqir sebagaimana yang dikutip imam Ibnu Katsir dalam kitabnya bidayah wa nihayah. "Permulaan wahyu turun kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam pada hari senin tanggal tujuh belas malam romadhan"

Imam Ahmad bin Hanbal juga meriwayatkan bahwa turunnya Al-Qur'an yaitu pada dua puluh empat Ramadhan saat Lailatul Qadr. Riwayat lain mengatakan turunnya Al-Qur'an pada tanggal 24 Ramadhan itu turun dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah secara keseluruhan 30 Juz sebagaimana disampaikan oleh imam al-Qurthubi dalam tafsirnya. Kemudian diturunkan kepada Nabi Muhammad secara berangsur selama dua puluh tiga tahun.

Walhasil, turunnya Al-Qur'an dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah di langit dunia terjadi pada malam Lailatul Qadar yaitu tanggal 24 Ramadhan, sedangkan turunnya Al-Qur'an dari Baitul 'Izzah kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam secara berangsur selama 23 tahun, pada malam 17 Ramadhan menurut riwayat Imam Al-Waqidi di atas.

Tapi, mengapa turunnya tanggal 24 Romadhan? Bukankah lalilatul qadr itu terjadi di malam ganjil? In syaaAllah di ulasan berikutnya kita akan bahas.

#UlasPen

#Harike15

Ulasan pendek seputar Romadhan

Wallahu A'lam bis-shawab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, Ramadhan penuh rahmah

06 Apr
Balas



search

New Post