Melyani dwi astuti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lomba Wawasan Kebangsaan

Lomba Wawasan Kebangsaan

Sabtu,27 Juli 2019, di SDN Kapasari 8, Kota Surabaya, berlangsung lomba Wawasan Kebangsaan dengan peserta meliputi semua siswa - siswi kelas 5 dari wilayah Surabaya 3.Suasana Kota Surabaya cerah dan bersahabat, ditemani semilir angin sepoi-sepoi di sekitar SDN Kapasari 8, Surabaya.

SDN Kapasari 8 sangat luas, sehingga memungkinkan sebagai tuan rumah lomba-lomba di wilayah Surabaya 3.Materi lomba cukup luas tidak hanya tentang Pancasila,tetapi semua aspek pendukung tentang kebangsaan.

Materi yang begitu berat (menghafal) untuk dipahami oleh semua peserta lomba, jika dipelajari lebih awal di kelas 4 tentu membuat semua peserta lomba sedikit ringan.Terlebih jika mengulas masalah sejarah bangsa Indonesia yang luar biasa.Sejarah bangsa Indonesia dimulai dari berdirinya kerajaan di Nusantara, kerajaan bercorak Hindu dan Budha, kemudian kerajaan bercorak Islam.Dari beberapa peristiwa penting , hingga masuknya masa penjajahan yang membuat rakyat menderita.

Penderitaan rakyat mengetuk hati para pemuda untuk bangkit bersatu dan berusaha melepaskan diri dari penjajahan.Beratus tahun menderita akhirnya rakyat Indonesia bisa bernafas lega dengan dibacakan teks proklamasi oleh Ir.Siekarno bersama bung Hatta di Jakarta.Bangsa Indonesia telah merdeka.

Bangsa Indonesia merdeka,maka pemerintahan segera di tata sedemikian rupa sehingga terbentuklah NKRI yang cinta damai dan sejahtera.

Semua uraian di atas pada masa beberapa tahun yang lalu, mungkin puluhan tahun diajarkan di sekolah dasar.Pada pembelajaran di era globalisasi ini benar di ajarkan, tetapi tidak seluas seperti dulu.Materi lomba wawasan kebangsaan meliputi rangkuman sejarah bangsa Indonesia yang secara garis besar sudah terurai di atas.

Materi yang membuat siswa - siswi sedikit berjuang keras untuk memahami dan membaca. Semoga mereka bisa mengerjakan.Tidak apa tidak menang yang penting mereka bisa mengetahui sejarah bangsa Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kenalkan jejak perjuangan bangsa. Oke Bun

27 Jul
Balas

Terima kasih komentarnya, sehingga membuat saya memperbaiki tulisan yang kurang benar, karena menulisnya sambil menunggu anak didik yang ikut lomba.menulisnya di bawah pohon..

28 Jul
Balas



search

New Post