Melyani dwi astuti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Satu Ide Sederhana.

Satu Ide Sederhana.

Membangkitkan gairah menulis tak semudah bangkitkan nafsu makan yang sedang kita rasakan. Mengawali menulis sama dengan mencari ide pokok yang tersimpan di kepala kita.

Cara yang gampang adalah dengan mengajak mereka bermain. Aku perintahkan pada mereka untuk mengeluarkan semua alat tulis yang ada di kotak pensil. Semua alat tulis sudah tertata di meja, tugas berikutnya mereka harus mengeluarkan buku tulis khusus pelajaran Bahasa Indonesia.

Anak - anak segera menulis satu persatu manfaat alat tulis tersebut, selesai menulis manfaatnya, kita ajak kebagian yang lebih luas. Anak - anak harus bisa menghubungkan manfaat satu alat tulis dengan alat tulis lainnya.

Misalnya hubungan antara pensil dan penghapus. Pensil bermanfaat untuk menulis tugas dari bu gurú, bila saat mengerjakan tugas ada yang salah, maka kita gunakan penghapus untuk menghapus kesalahan yang telah dilakukan .

Masih banyak yang bisa kita gali untuk membangikitkan semangat menulis. Virus menulis memang dasyat dan penuh tantangan. Apapun yang ada di depan mata semua bisa menjadi bahan dasar menulis. Langkah berikutnya, kitalah yang harus memberikan masukkan dan pengembangan dari tulisan mereka.

Bagaimana menurutmu teman, Ini bagian sepertiga virus literasi yang aku tularkan ke anak didikku. Semoga akan lahir penulis cilik yang berbakat dan mampu menggetarkan dunia literasi di sekolah. Maaf tidak terlalu tinggi, level sekolahan dulu.

Mencoba dan melatih mereka memang tidak cukup sekali. Mereka harus berlatih setiap hari. Aku ingin membuat méreka kehausan untuk menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siiip bu.. betul2 ide sederhana tp memiliki efek dahsyat... dengan cara seperti itu anak akan merasa "weeehh ternyata menulis itu mudah yaaa..." dan hika "merasa mudah" itu menjelma dalam pikiran, saya yakin anak2 pasti akan suka sekali menulis... trimakasih bu sharing idenya... saya akan praktekkan di kelas saya... boleh ya bu?

29 Oct
Balas

Tidak apa -apa monggo

31 Oct

Siip bu.

29 Oct
Balas

Terima kasih, komentarnya pak Pras

29 Oct

Terima kasih, komentarnya pak Pras

29 Oct



search

New Post