Menik Patmaningsih

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Keseharian saya adalah guru SD Muhammadiyah Bondowoso. Terimakasih atas diadakannya pelatihan Sagusabu II yang dapat menggugah kembali...

Selengkapnya
Navigasi Web

Semoga Sukses Generasiku

Semoga Sukses Generasiku

Ini tahun ketiga saya menjadi wali kelas 6. Tiga tahun pula saya mengalami perubahan dalam mengajar. Tahun pelajaran 2019-2020 di semester akhir harus mengajar secara daring. Di tahun kedua hampir full daring. Alhamdulillah tahun ini sejak awal tahun pelajaran bisa masuk meskipun hanya beberapa jam di sekolah.

Saat pelajaran secara daring, guru harus memberikan pelajaran yang lebih menarik agar anak tidak merasa bosan belajar di rumah. Kita gunakan video pembelajaran sebagai ganti guru mendampingi anak belajar. Siswa diberi tugas-tugas yang dapat menumbuhkan ketrampilan. Materi pembelajaran dapat disampaikan menggunakan google sites, google formulir, canva , Power point dsb..

Guru dituntut mampu mengoperasikan komputer agar dapat menyampaikan pembelajaran online berbasis IT. Untuk mengetahui keadaan siswa, guru dapat mengadakan home visit ke rumah-rumah ataupun secara berkelompok.

Pendidikan karakter dapat dibentuk menggunakan angket dari google formulir. Pendidikan karakter bertujuan untuk mendidik anak-anak agar tidak sombong, taat beribadah, suka membantu orang tua dan sebagainya. Sesuai dengan Ayat-ayat Al-Quranulkarim di antaranya dalam surat Al-Baqarah ayat 83, An-Nisa ayat 36, Al-An-Am ayat 151, At-Taubah ayat 23, Yusuf ayat 99 dan 100, Al-Isra' ayat 23 dan 24, Maryam 14 dan 32, Al-ankabut ayat 8, Lukman ayat 14 dan 15, Assaffat ayat 102, Al-Ahqaf ayat 15 dan banyak ayat lain tentang pendidikan anak.

Semoga semua upaya ini dapat meningkatkan kwalitas belajar siswa dan berhasil meskipun diliputi pandemi Covid 19.

Akhirnya saya sebagai guru juga mendoakan mereka agar sukses dalam belajar menuju sukses dunia dan akhirat.

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَArtinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahat Dzat yang Maha Pengasih,"(Ayat dan artinya diambil dari :https://apps.detik.com/detik/)

Bondowoso, 5 Januari 2022

Menik Patmaningsih, S.Pd.SD

Guru SD Muhammadiyah Bondowoso

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post