Riska Merita

A happy teacher, a moody-writer, yellow & blue lover ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sertifikat Elektronik

Selama pandemi COVID19, kegiatan bekerja banyak dilakukan di rumah. Oleh sebab itu, saya memiliki banyak waktu untuk mengisi hari hari dengan kegiatan seminar online (webinar). Beberapa seminar biasanya menyediakan sertifikat gratis sebagai bentuk apresiasi bagi peserta yang mengikuti kegiatan. Bagi saya, kegiatan webinar sangat membantu membuka wawasan, menemukan informasi, ide bahkan cara terbaik yang bisa dilakukan dalam menghadapi pandemi ini. Webinar banyak diselenggarakan oleh lembaga, yayasan bahkan sekelompok aktivis. Tema yang diangkat sangat bervariasi, beberapa di antaranya seperti bagaimana mendapatkan beasiswa, mengatasi tekanan psikologis selama pandemi hingga tema tema yang erat kaitannya dengan pendidikan.

Lalu seorang teman, tiba tiba bertanya kepada saya, bagaimana caranya mengikuti webinar. Saya sarankan untuk memfollow akun akun resmi sebuah lembaga atau departemen. Saat ini penyebaran informasi tentu sangat cepat melalui media sosial. Jadi cukup mengecek secara berkala di akun akun resmi tersebut dan kita bisa mengetahui kegiatan webinar yang sesuai dengan tema yang kita asumsikan menarik dan cocok dengan kebutuhan. Karena antusiasme mengikuti webinar sangat tinggi, sebaiknya lakukan pendaftaran sesaat setelah membaca informasi informasi webinar tersebut. Jika beruntung, kita akan mendapat ID Meeting beserta passwordnya yang dikirim melalui pos-el (email). Ohya jangan lupa mencatat atau menangkap layar (screenshoot) tautan atau ID Meeting dan password serta jadwal kegiatan ya. Hal ini bertujuan agar kita tidak melupakan jadwal webinar webinar tersebut.

Sayang sekali jika kita melewatkan jadwal webinar yang sudah kita daftar. Karena saya yakin ada sekian banyak orang yang ingin mengikuti namun belum beruntung karena tidak mendapat kiriman tautan ID meeting webinar.

Seharian ini saya sedang kepikiran beberapa webinar yang sudah saya ikuti bulan lalu.

"kepikiran kok sampai hari ini belum mendapat kiriman sertifikat", tanya saya dalam hati.

Malam ini saya mengecek pos-el dan menemukan sebuah pesan masuk beserta tautan sertifikat yang bisa diunduh.

Senang bukan kepalang, karena yang dinanti nanti akhirnya datang juga.

Kalau memang jodohnya pasti gak pergi kemana mana kan. Pasti datang juga :)

Biasanya sertifikat dibuat dalam bentuk sertifikat elektronik yang dikirim melalui pos-el. Kita cukup mengunduh dan mencetaknya saja. Ohya pastikan mesin pencetak (printer) bisa mencetak tulisan berwarna ya, karena biasanya sertifikat dibuat sedemikian estetikanya dengan cap organisasi / lembaga dengan warna yang menarik mata.

Selain sebagai bentuk pengembangan diri, sertifikat sertifikat ini akan sangat membantu dalam penghitungan angka kredit guru.

Selamat belajar bersama webinar.

Ikhlas berbagi, hebat semua :)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post