Mesra Definta, S.Ag

Mesra Definta,S.Ag : guru di MTSN 2 kota Payakumbuh, provinsi Sumatera Barat, mengajar mata pelajaran Fiqih ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sudah Sucikah Jiwa Dan Harta Anda?(Part 5)  Tantangan Gurusiana Hari Ke 80

Sudah Sucikah Jiwa Dan Harta Anda?(Part 5) Tantangan Gurusiana Hari Ke 80

Perintah membayarkan zakat selalu beriringan dengan perintah shalat. Berarti hukumnya betul-betul wajib untuk dilaksanakan. Kalau pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas 4 macam harta yang wajib kita zakatkan. Pada tulisan hari kita lanjutkan jenis harta yang lainnya yaitu :

1. Zakat hasil tambang

Berupa emas, perak dan lain – lain, nisabnya sama dengan emas yaitu 93,6 gram, dikeluarkan zakatnya 2,5 %, ketika itu juga.

2. Zakat barang temuan ( ركاز ).

Barang temuan berupa emas dan perak, nisabnya sama dengan emas dikeluarkan zakatnya 20 % ketika itu juga.

3. Zakat profesi.

Pada masa Rasulullah saw masih hidup, beliau belum menjelaskan tentang zakat profesi, karena pada saat itu belum ada notaris, pengacara, hakim, guru atau dosen dan sejenisnya. Karena tidak ada nash yang jelas, para ulama berusaha berijtihad dalam menentukan zakat profesi tersebut dengan meistinbatkan dari firman Allah swt. Dalam surat Al-Baqarah ayat 267 yang berbunyi :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَنفِقُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبۡتُمۡ وَمِمَّآ أَخۡرَجۡنَا لَكُم مِّنَ ٱلۡأَرۡضِۖ وَلَا تَيَمَّمُواْ ٱلۡخَبِيثَ مِنۡهُ تُنفِقُونَ وَلَسۡتُم بَِٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغۡمِضُواْ فِيهِۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Kata ما dalam ayat di atas mengandung makna umum, yang berarti semua usaha yang baik, yang halal, harus dikeluarkan zakatnya, ketentuannya sama dengan nisab uang dan nilai zakatnya 2.5 % dari hasil yang didapatkan dari usaha profesi tersebut, jika sudah mencukupi kebutuhan primer keluarga, artinya, jika pendapatan satu bulan melebihi kebutuhan primer keluarganya maka dikeluarkan zakatnya, ketentuannya sama dengan nisab uang, tetapi jika tidak mencukupi kebutuhan primer keluarganya belum wajib mengeluarkan zakat tetapi dianjurkan sedekah.

Itulah di antara harta yang wajib kita zakatkan. Dengan mengeluarkan zakat barulah harta kita menjadi suci dan bersih. Kalau masih belum dikeluarkan berarti harta kita masih kotor. Sebab masih tercampur dengan harta milik orang lain. Orang –orang yang tidak mau mengeluarkan zakat, maka Allah akan mengambil harta tersebut dengan berbagai macam cara.

Nah, kalau kita mau membayarkan zakat, kepada siapa mau kita berikan ?. Dalam Islam ada 8 golongan yang berhak untuk menerima zakat maal yang di sebut juga dengan asnaf yang delapan, Siapakah mereka itu, akan kita bahas pada tulisan berikutnya .

30 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post