Meynia

Seorang guru SD, asli dari Bogor, mengajar di daerah Tangerang. Nama asli Nia Kurniasih tapi di medsos lebih dikenal dengan Meynia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Plagiarisme
Meynia

Plagiarisme

Minggu, 26 Desember 2021 telah berlangsung webinar dengan tema "Lawan Plagiarisme". Webinar itu diadakan oleh Media Guru dengan Narasumber Eko Prasetyo (Pemred Media Guru) dan Baiq Sumiati (Gurusianer dari Lombok NTB).

Turut prihatin atas kasus yang menimpa Ibu Baiq Sumiati. Seorang gurusianer dari Lombok NTB, yang sebanyak 11 tulisannya telah ditulis ulang oleh sesama gurusianer.

Dalam paparannya Eko Prasetyo selaku Pemred Media Guru mengatakan bahwa plagiarisme merupakan tindakan pengakuan terhadap karya orang lain dan mempublikasikannya.

Plagiarisme adalah salah satu kejahatan intelektual. Sebuah perhatian bagi siapapun, juga diri sendiri untuk berhati-hati jika menyadur atau mengambil satu kalimat pun milik orang lain. Karena sebenarnya itu termasuk bentuk pencurian.

Untuk kasus plagiarisme tersebut Media guru sendiri telah mengambil tindakan dengan mengeluarkan nama beliau dari blog gurusiana dan mengambil kembali semua penghargaan yang telah beliau dapatkan dari Media Guru.

Bagi teman-teman yang suka menulis dan ingin belajar menulis, tidak perlu berkecil hati jika tulisan kita jelek atau tidak ada yang membaca. Banggalah dengan karya sendiri. Buat apa juga jika menulis hanya untuk mencari popularitas dan apa pun itu, jika hasil dari plagiarisme.

_"Jadilah penulis yang jujur. Andai tidak ada yang tahu tapi semesta dan Tuhan Yang Maha Kuasa tahu."_

Demikian kata Mas Eko.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post