Meynia

Seorang guru SD, asli dari Bogor, mengajar di daerah Tangerang. Nama asli Nia Kurniasih tapi di medsos lebih dikenal dengan Meynia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tumbuhkan Pendidikan Karakter dengan Musik
Koleksi pribadi

Tumbuhkan Pendidikan Karakter dengan Musik

 

 

_Indah itu jika bersama_

 

Menurut Jamalus (1988 : 1)

musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

 

Sebuah musik yang merdu dan mengalun indah adalah hasil dari perpaduan beberapa unsur melodi, harmoni, ritme, dan trimbre  yang ada di dalamnya. 

 

Musik yang indah tercipta dari sebuah kolaborasi yang harmonis antara nada yang satu dengan yang lain yang saling menyatu  menjalin kerjasama. Sebuah Nada  tidak dapat berdiri sendiri dan tidak akan berarti apa pun tanpa nada yang lainnya. 

 

Selain sebuah kolaborasi, banyak hal yang dapat dipelajari seorang anak dari bermain musik, diantaranya adalah :

1. Kekompakan

Kapan musik itu dimulai dan berakhir diperlukan kekompakan antara satu dengan yang lainnya. Jika yang satu ada yang lain pun harus ada. 

2. Disiplin

Anak akan dengan tertib mengikuti kapan gilirannya untuk memainkan sebuah nada. Tidak bisa saling mendahului dan menyalip. 

3. Saling menghargai

Belajar menghargai sekecil apa pun peran seseorang, walau pun dia hanya sekali saja membunyikan nada. Karena itu sangat berarti dalam menciptakan keharmonisan. 

4. Ketekunan

Dengan tekun berlatih akan semakin mengasah rasa dan insting anak dalam memainkan nada serta mengikuti tempo, dan irama. 

5. Kesabaran

Sabar menunggu kapan gilirannya tiba agar bunyi yang dihasilkan selaras. 

 

Selain itu musik juga dapat melatih :

1. Konsentrasi (fokus)

Dengan bermain musik pikiran anak akan tertuju dan berpusat pada satu titik tanpa memikirkan hal lain. Sehingga dapat mengikuti permainan musik dengan tepat dan benar. 

2. Kepekaan

Musik akan melatih anak belajar peka, tahu mana yang benar dan salah.  

3. Daya ingat 

Musik dapat memicu daya ingat lebih baik. Sehingga anak mudah mengingat sesuatu. 

 

Dengan bermain musik,

Pendidikan karakter yang diharapkan dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran. 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

08 Jan
Balas

Terima kasih Pak... Salam literasi

31 Jan

Terima kasih Pak... Salam literasi

31 Jan

Mantaap

08 Jan
Balas

Makasih...

31 Jan

Makasih...

31 Jan

Mantap ulasannya.Salam literasi

08 Jan
Balas

Terima kasih... Salam literasi

31 Jan

Terima kasih... Salam literasi

31 Jan



search

New Post