Meynia

Seorang guru SD, asli dari Bogor, mengajar di daerah Tangerang. Nama asli Nia Kurniasih tapi di medsos lebih dikenal dengan Meynia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tanda Cinta Untuk Sang Juara
Meynia

Tanda Cinta Untuk Sang Juara

_Nia Kurniasih (Meynia), Kepala SDN Mauk II Kabupaten Tangerang_

Senin, 21 Juli 2023 menjadi hari bersejarah bagi SDN Mauk II yang terletak di Mauk Timur, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang dengan berlangsungnya acara peresmian renovasi bangunan ruang kelas. Sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1953 ini, sebelumnya memiliki bangunan sekolah yang kondisinya amat memprihatinkan. Acara peresmian berlangsung sederhana namun cukup meriah. Kepala sekolah beserta dewan guru menggunakan seragam batik dan kebaya memancarkan rona bahagia di wajahnya. Orang tua murid dan anak-anak murid pun terlihat gembira saat turut memeriahkan acara tersebut.

Acara peresmian renovasi tersebut dihadiri oleh Kakanwil DJP Banten (Wansepta Nirwanda), Kepala KPP Pratama Kosambi (Yudi Asmara Jaka Lelana), para donatur Paguyuban Pegawai Pajak, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang (H. Fahrudin), PT Bangun Laksana Persada (Rafali Daeli), Majalah Suara Guru PB PGRI (Catur Nurrochman Oktavian), Ketua PGRI Kabupaten Tangerang (Bibing Sudarma), Lurah Mauk Timur (Ahmad Syaikhu), Korwas Kec. Mauk (H. R. Jaini Purkon), Ketua Gugus 46 (Saepudin Al Azmi), serta sekitar lima puluh lebih undangan lainnya yang terdiri dari kepala sekolah, komite, serta orang tua murid SDN Mauk II.

Acara peresmian renovasi bangunan SDN Mauk II ini merupakan kado persembahan dalam rangkaian hari ulang tahun pajak yang jatuh pada tanggal 14 Juli. Para guru dan kepala sekolah terlihat sangat kompak dan bahu membahu bekerja sama dalam mempersiapkan acara ini yang dipandu dua orang guru, yaitu Ratnawati dan Hayati sebagai pembawa acara. Untuk menyambut para tamu persembahan musik degung dimainkan secara apik oleh para kepala sekolah di Kecamatan Mauk. Dalam rangkaian acara pembukaan, para tamu sangat terkesan karena disambut penampilan meriah dari siswa kelas 2 SDN Mauk II yang mempersembahkan tari Dindin Ba Dindin. Para siswa ini menampilkan tarian dengan sangat kompak dan apik.

Dalam sambutannya, Kepala SDN Mauk II, Nia Kurniasih menyampaikan kronologi beliau mendapatkan bantuan renovasi bangunan tersebut. Nia Kurniasih sebagai kepala sekolah yang baru menjabat kurang lebih 10 bulan sejak dilantik Agustus 2022, lalu mendapat tantangan karena bangunan sekolah tempatnya bertugas kondisinya memprihatinkan. Kondisi tersebut melecut semangat Nia untuk berbuat bagi sekolah setelah membaca puisi “Mobil Butut” di WAG sekolah. Puisi tersebut merupakan karya Rizki Pratama, salah seorang guru SDN Mauk II yang merangkap operator sekolah. Impian memiliki bangunan sekolah yang bagus pun selalu menari-nari di benak kepala sekolah dan para guru sekolah ini.

Akhirnya impian kepala sekolah dan para guru, perlahan mulai menjadi nyata diawali dari keikutsertaan SDN Mauk II dalam program Kemenkeu mengajar 7 di bulan Oktober 2022. Berawal dari kegiatan tersebut, Nia Kurniasih mengenal Kepala KPP Pratama Kosambi yang ternyata memiliki orang tua berlatar belakang seorang guru sehingga beliau sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Prihatin melihat kondisi bangunan SDN Mauk II, membuat Kepala KPP Pratama kemudian menginisiasi penggalangan donasi untuk membantu renovasi bangunan sekolah tersebut.

“Bertemunya Kemenkeu Mengajar 7 dan SDN Mauk II adalah sebuah takdir yang didukung semesta”, ujar Kepala KPP Pratama di awal sambutannya. Berawal dari niat bersama Paguyuban pegawai KPP Pratama Kosambi bersama DJP peduli kemudian menghimpun donasi, dan “Alhamdulillah kegiatan tersebut setelah disampaikan ke Kakanwil DJP Banten, kemudian didukung penuh”, ujar Yudi Asmara Jaka Lelana. Di akhir sambutannya, Kepala KPP Pratama Kosambi, berpesan bahwa langkah ini baru awal sebuah perjuangan bagi SDN Mauk II. Selanjutnya bagaimana merawat dan menjaga bangunan itu serta mendidik generasi sebagai penerus bangsa.

Dalam sambutannya, Kakanwil DJP Banten Wansepta Nirwanda mengatakan bahwa bantuan renovasi bangunan SDN Mauk II adalah murni dari dana pribadi paguyuban pegawai KPP Pratama Kosambi, para pegawai pajak di lingkungan Kanwil DJP Banten, dan masyarakat peduli pendidikan. Bukan dari bantuan resmi kantor, tetapi diambil dari kantong pribadi mereka, ujar Kakanwil. Beliau meyakini bahwa dengan sedekah, maka kita dapat terhindar dari segala marabahaya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Fahrudin yang hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan mengucapkan banyak terima kasih kepada DJP pratama Kosambi atas kepeduliannya pada dunia pendidikan yang diwujudkan melalui bantuan renovasi gedung SDN Mauk II. Semoga balasan keberkahan akan datang melimpah bagi para donatur atas kebaikannya.

Proses pembangunan ruang perpustakaan dan renovasi seluruh kelas SDN Mauk 2 terbilang cukup cepat. Dari mulai rapat komite, membentuk tim, pembongkaran gedung hingga selesai dibangun. Semua proses tersebut ditempuh hanya dalam waktu tiga Minggu selama masa liburan sekolah semester dua. "Dengan tukang sebanyak 11 orang, kami bekerja siang dan malam melakukan renovasi bangunan sekolah SDN Mauk II" ujar Pak Saryono selaku kontraktor pembangunan gedung.

Kini mobil butut yang dituangkan Rizki dalam puisinya itu bautnya sudah kencang, tak goyang, bersinar seperti bintang, ujar Nia Kurniasih dalam puisi balasannya. Semoga dengan bangunan baru ini, guru-guru juga anak-anak murid merasa nyaman dan lebih semangat lagi untuk belajar. Seperti yang tertulis dalam prasasti "Tanda Cinta untuk Sang Juara", Semoga berkah dan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di SDN Mauk II.

Acara peresmian diakhiri secara simbolis dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil Pajak Banten sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan YME kemudian dilanjutkan dengan foto bersama para tamu undangan dengan kepala sekolah serta dewan guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post