Miftah Novi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

e-Filing

e-Filing 

Tantangan ke 2

Berbagai pikiran melintas dikepala tatkala menyampaikan SPT Tahun 2019 termasuk membantu beberapa rekan kerjaku menyampaikan laporan SPT melalui aplikasi e-Filing.

Hadirnya aplikasi e-Filing Pajak semakin mempermudah

Wajib Pajak melaporkan SPTnya dan tidak perlu lagi

mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan antrian panjang yang cukup menguras tenaga, pikiran, dan waktu.

E-Filing pajak dapat dilakukan kapan dan di mana saja selama Wajib Pajak terhubung dengan internet.

E-Filing atau lapor pajak online adalah penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) melalui saluran pelaporan pajak elektronik atau online yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada Peraturan DJP Nomor PER-03/PJ/2015

Salah satu pertanyaan yang wajib di jawab adalah apakah penghasilan ada kurang dari 60 juta ?

jika kurang dari 60 juta, daftar pertama berikut nya sangat simpel untuk dijawab dan memakan waktu tidak terlalu lama (bisa hitungan menit, laporan selesai)

Nah, jika lebih dari 60 juta, banyak pertanyaan yang perlu dijawab. Mulai dari data pribadi, keluarga, kendaraan yang kita miliki, sampai perhiasan dan hutang/piutang yang kita miliki.

Belum lagi selesai mengisi daftar tersebut, aku tertegun memperhatikan daftar isian SPT tersebut, begitu jelimetnya. 

Ooh, semakin banyak harta yang dimiliki seseorang semakin banyak pertanggung jawaban yang harus dilakukannya.

Ini baru pertanyaan di e-Filing, bagaimana nanti jika berada dihadapan malaikat Mungkar-Nangkir, atau di Yaumil Hisab ?

- Untuk apa umur dipakai?

- Untuk apa ilmu di gunakan?

- Bagaima, kemana, dan untuk apa saja kekayaan/Rezki yang diberikan Allah

- gaji/honor yang didapatkan ?

- untuk apa saja dana Sertifikasi/Tukin?

-  semua fasilitas yang diperoleh jujur kah atau ada yang lain terzalimi?

Pertanyaan -pertanyaan tersebut benar-benar membuat nafasku sesak, 

Astaghfirullah, ya Allah ampunilah segala kelalaian dan kekhilafan hambamu. Jadikanlah kami termasuk hamba yang selalu bersyukur dengan segala Rahmat dan karunia-Mu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post