Milla Efendy

Milati Masruroh tapi dikenalnya Milla Efendy. Lahir di Brebes, 02 Mei 1979. 19 Juli 2004 - 31 September 2022 Mengajar di SMK N 1 Tonjong Kab. Brebes dan per 1 O...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berbagi Ilmu Menjadi Blogger

Kisah Guru Ngeblog di Wordpress menjadi tema kuliah online di WAG Belajar Menulis Gelombang 12 dengan nara sumber Bapak Bambang Purwanto atau dikenal dengan Mr. Bams. Pertemuan keenam di hari jumat tanggal 12 Juni 2020 yang dimulai tepat pukul 19.00 WIB dengan moderator Ibu Fatimah, S.Si yang membagi sesi kuliah online menjadi dua sesi. Sesi pertama menyimak materi dari nara sumber, dan sesi kedua pertanyaan dari peserta.

Sangat menarik ketika memperhatikan perjalanan hidup Mr. Bams dari lahir sampai sekarang. Dari pekerjaan sebagai konsultan Keemfood milik Bob Sadino, pendongeng keliling, konsultan pelatihan, sampai akhirnya menjadi guru SMP Taruna Bakti sampai sekarang. Bekerja sebagai pendongeng menuntut Mr. Bams ini harus banyak membaca sebagai sumber bahan cerita saat mendongeng. Seiring kebiasaannya mebaca Mr. Bams ini juga mencintai dunia menulis.

Selain menjadi guru di SMP Taruna Bakti, juga sebagai pembimbing ekskul blog yang menggunakan multiply. Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi, sehingga pindah ke wordpress. Ada beberapa tujuan Mr. Bams ini menggunakan blog, diantaranya : malu sebagai guru TIK tapi tidak punya blog, malu sebagai penggiat literasi tidak punya blog, ingin berbagi pengalaman, menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat), dan menghasilkan rupiah. Menurut Mr. Bams, blog itu berisi yang disukai, misalnya senang menulis cerpen maka menulis cerpen, senang menulis puisi maka menulis puisi. Blog juga berisi sesuatu yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Seperti mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir tanpa harus mencari chat di WAG.

Motivasi utama menulis di blog adalah melatih kebiasaan menulis dan membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk yang lain. Membangun blog memang tidak mudah. Yang bisa dilakukan yaitu adanya komunitas. Ada beberapa kumpulan link blog (blogspot, wordpress, web blog), yang tujuannya agar bisa saling berkunjung, sehingga silaturrahmi terus dibangun. Bila kita seorang guru, membuat materi dan tugas di blog, maka pasti banyak pengunjung ke blog. Kemudian tidak hanya menulis materi dan tugas, akan tetapi yang lainnya agar menjaring pembaca. Dengan memiliki blog, hal yang positif adalah hidup merasa tertantang untuk bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target. Kendala saat ngeblog itu biasanya jaringan sedang tidak bersahabat padahal mau posting, selain itu kehabisan ide yang solusinya dengan membaca.

Cara agar blog ramai dikunjungi diantaranya adalah :

1. Tergabung dengan suatu komunitas seperti grup menulis.

2. Rajin saling berkunjung ke blog antar anggota komunitas.

3. Sering memperkenalkan blog kepada orang lain melalui whatsapp, facebook, dan instagram.

4. Membuat blog yang dapat membantu orang lain.

Manfaat dengan adanya blog, diantaranya adalah :

1. Sederhananya blog bisa menyimpan tulisan, dan bisa dibaca oleh banyak orang. Akan berbeda jika tulisan disimpan di laptop, komputer, atau buku.

2. Melatih menulis, sehingga terbiasa menulis.

3. Membangun kepercayaan diri melalui tulisan.

Menjadi guru blogger itu mudah, yaitu dengan membuat blogger dari sekarang. Kemudian belajar menulis dan posting. Saat itu sudah menjadi guru blogger, yaitu guru yang menggunakan dan memanfaatkan blog. Untuk awal latihan cukup menuliskan apa yang disukai, bila di awal sudah bingung biasanya tidak jadi menulis apalagi posting. Blog yang enak dibaca dan dilihat itu butuh proses. Menulis adalah keterampilan, jadi bisa dilatih. Berlatih menulis terus menerus dengan penuh kesabaran sambil belajar tentang mengatur tampilan dengan bertanya kepada blogger yang tampilan blognya bagus. Bagi blogger pemula, jika hanya dasarnya membuat blog dan belajar posting dalam waktu dua hari sudah bisa dikuasai. Perjuangan membuat blog akan mahir jika terus dilatih, dan orang yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih.

Kesimpulan kuliah online pada pertemuan keenam adalah :

1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis di blog, atau mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online), kemudian membuat buku.

2. Membuat blog yang dikelola dengan sepenuh hati. Tidak hanya memenuhi target, tetapi menumbuh kembangkan blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.

3. Berbagi kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.

4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka perlu digali dan dikembangkan.

Di akhir pertemuan, Mr Bams juga berpesan “Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post