Milla Efendy

Milati Masruroh tapi dikenalnya Milla Efendy. Lahir di Brebes, 02 Mei 1979. 19 Juli 2004 - 31 September 2022 Mengajar di SMK N 1 Tonjong Kab. Brebes dan per 1 O...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membukukan Tulisan di Blog

Kuliah online pada hari senin tanggal 15 Juni 2020 bertemakan “Nara Sumber Guru Menulis dan Menerbitkan Buku”. Seperti biasanya kuliah dimulai pada pukul 19.00 WIB. Nara sumber kuliah online kali ini adalah Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Beliau yang masih muda ini berprofesi sebagai guru SD yang memiliki pengalaman ngeblog sejak tahun 2009 dan menulis buku serta artikel yang dimuat di media cetak.

Pak Brian biasa beliau dipanggil menceritakan terlebih dahulu perjalanan hidupnya sampai menjadi bloger ternama sejak tahun 2009. Berawal menjadi peserta di grup belajar menulis bersama Om Jay, beliau ingin mempunyai banyak teman guru blogger. Beliau tergerak hatinya untuk membantu para peserta lain supaya para peserta lain tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Sehingga, jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi maka akan meninggalkan blog.

Menurut beliau, motivasi itu menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, maka akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. Jadi harus diluruskan, untuk kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Kurangnya ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, terkadang kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut beliau, tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Beliau memiliki prinsip, hal biasa yang dilakukan atau dialami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman atau aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi sebagai guru, tentu punya banyak cerita. Adapun salah satu cara mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menulis adalah dengan menentukan waktu menulis yang nyaman.

Pak Brian juga menjelaskan antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali dikenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut beliau, tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya. Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan.

Saat ini beliau memiliki dua buku solo. Pertama buku blog untuk guru yang berjudul “Blog Untuk Guru Era 4.0”. Buku ini membahas tentang pengenalan blog, saatnya guru ngeblog, membuat blog, mengelola blog, mengelola widget blog, dan contoh blog guru. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana yang dipilih-pilih sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.

Dalam waktu dekat buku solo ketiga akan segera terbit. Buku ketiga ini berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari”. Buku ini berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu beliau buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana. Selain 3 buku solo, beliau juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi. Semua buku itu masih diterbitkan di penerbit indie. Maka dari itu beliau masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Untuk membukukan tulisan di blog akan lebih mudah jika blog memiliki niche. Niche adalah istilah yang merujuk pada tema khusus yang digunakan pada seluruh postingan suatu blog. Contoh niche blog yaitu pendidikan, kesehatan, buku, otomotif, fashion, kuliner, travelling, dan lain sebagainya. Blog dengan niche pendidikan maka semua tulisannya berkaitan tentang pendidikan. Beliau sendiri memiliki blog dengan niche tutorial blogger, blog buku, dan blog pembelajaran. Buku memerlukan sebuah tema. Walaupun isinya berupa kumpulan berbagai artikel, diperlukan satu tema besar yang menjadi benang merahnya. Blog dengan niche akan memudahkan. Blog pendidikan tentu seluruh artikelnya tentang pendidikan. Maka selesailah buku yang akan terbit bertema pendidikan.

Berbeda jika sebuah blog tidak memiliki niche yang jelas, segala macam tema ada di blog itu. Blog seperti itu bisa disebut blog personal. Ini yang terjadi pada beliau. Blog beliau ini merupakan blog personal. Kenapa blog beliau ini tema tulisannya campur aduk? karena beliau menulis apa saja yang memang ingin beliau tulis saat itu. Sehingga tidak terlalu pusing untuk mencocokkan tema tulisan dengan niche blog. Beliau bebas menulis apa saja tanpa terikat niche blog.

Menurut beliau, bagi blogger pemula setidaknya bisa memposting tulisan dahulu. Untuk pernak pernik gambar atau video bisa ditambahkan di lain waktu, karena tulisan yang sudah dipublish bisa diedit kembali.

Ada beberapa tips cara yang cepat agar blog dapat ditemukan di pencarian google, diantaranya adalah :

1. Membuat tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.

2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog di halaman pertama google .

Tips agar blog dikunjungi banyak orang, diantaranya adaah share link blog ke media sosial, bergabung dengan grup blogger, dan membuat tulisan tips atau how to yang banyak dicari orang. Blog tidak ada masa berlakunya, misalnya blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google. Yang sering terjadi adalah pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai. Sehingga sangat disayangkan blog terlantar begitu saja.

Google adsense akan membayar pemilik blog, jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blognya. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan pemilik blog dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan yang dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor yang sebesar Rp 2.000. Dan pencairannya menunggu sampai mendapat 100 dollar. Sampai entah kapan harus menunggu berapa tahun.

Kesimpulan pada kuliah online ini adalah menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat seseorang menyerah dalam menulis. Beruntunglah bisa tergabung dengan grup menulis sehingga bisa saling membantu dan mendukung. Menulislah dengan lepas tanpa beban, bahwa apakah tulisan sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak. Hal biasa menurut diri sendiri bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain, maka menulislah.

Demikian resume kuliah online pada hari senin tanggal 15 Juni 2020 di WAG Belajar Menulis Gelombang 12 yang berakhir pada pukul 21.23 WIB dengan moderator Ibu Fatimah, S.Si.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post