MIMIN YULISTIYOWATI

Guru IPA SMPN 3 Balung Jember Jawa Timur , masih belajar menulis, mohon kritik dan saran "MELOMPAT LEBIH TINGGI"...

Selengkapnya
Navigasi Web

Gorengan (1)

#419

Gorengan (1)

Penulis : Mimin Yulistiyowati

Jajanan gorengan merupakan jajaran yang sudah mendunia, mulai dari tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng pokoknya semua jenis jajanan yang melalui proses digoreng, kita menyebutnya gorengan.

Cuma anehnya kenapa ayam goreng tidak termasuk atau jarang disebut sebagai gorengan yang disandingkan dengan tempe goreng atau tahu isi. Apa karena dia ayam kemudian mendapat hak istimewa? Entahlah. Buktinya kalau kita beli ayam goreng tepung kita lebih sering menyebut pretciken daripada gorengan ayam, mungkin itu hanya akal-akalan pedagangnya saja, sok pakai bahasa inggris biar bisa naikin harga. Usul dong bang, ganti namanya jadi ayam goreng tepung saja, biar harganya selevel dengan ote-ote.

You know ote-ote? Ote-ote atau bahasa ilmiahnya kue bawang atau lebih sering disebut sebagai kue Hongkong memiliki varian yang banyak, mulai isi tauge atau sayuran, ada yang pakai udang atau varian lain. Sering timbul tanya juga kenapa beberapa orang menyebut ote-ote dengan sebutan kue Hongkong, mungkinkah sejarah mencatat bahwa awal wisatawan Hongkong yang datang ke Indonesia membawa bekal kue tersebut seperti layaknya kita membawa nasi gulung sebagai bekal saat rekreasi?

Lalu kenapa juga disebut ote-ote? Dalam bahasa Jawa, ote-ote itu berarti tidak memakai baju. Apa karena kue tidak berbungkus sehingga disebut ote-ote? Padahal ada banyak makanan yang tidak berbungkus tapi tidak disebut ote-ote. Ada semacam pengkhususan pada kue ini. Saya jadi curiga, jangan-jangan memang benar kalau yang bikin tidak pakai baju alias ote-ote.

Oke, saya Mimin saya bukan Admin

Selamat malam

Balung, 080221

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cerpen keren

08 Mar
Balas

Makasih ibu Fit

09 Mar

Onte onte ngak pakai baju, kalau di tempatku namanya bligung/ ngak pakai baju bagian atas, salam kenal salam sukses ijin follow bunda mimin

08 Mar
Balas

Ote-ote kalau di Jawa gak pakai baju. Salam kenal balik, salam sukses juga buat ibu. Makasih

08 Mar



search

New Post