Min Hermina, SMPN 1 Cikampek-Krwg

Min Hermina, M.Pd. Saat ini mengajar di SMPN 1 Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

5 TIPS BELAJAR PUBLIC SPEAKING UNTUK GURU

#TantanganGurusiana

#Hari ke-348

Minggu , 10 Januari 2021

Guru sebagai orang yang berada di garda depan pendidikan, tentu waktunya dihabiskan dengan berbicara. Baik berbicara di depan siswa maunpun orang tua. Saat ini, guru juga dituntut untuk dapat berbicara di muka umum pada saat forum ilmiah.

Tak jarang kita mendapati guru yang belum terbiasa berbicara di depan umum, khususnya ketika berada di forum ilmiah atau pertemuan dengan sejawatnya. Padahal keterampilan berbicara ini bisa dipelajari dan dilatih secara terus menerus agar guru menjadi terampil berbicara di muka umum.

Ada 5 tips yang dapat dipelajari oleh guru agar terampil berbicara ketika harus tampil di depan umum.

1. Aktif berorganisasi

Untuk dapat lancar berbicara di depan umum sebaiknya aktif berorganisasi, karena dalam berorganisasi dituntut untuk dapat mengemukakan pendapat. Atau dengan mengajukan pertanyaan itu sudah melatih untuk berani berbicara. Jika hal ini sering dilakukan, maka akan terbentuk kebiasaan untuk mampu berbicara di depan umum. Saat ini banyak organisasi atau bisa juga komunitas melalui grup WA yang dapat mewadahi guru untuk ikut serta dalam melatih keterampilan berbicara.

2. Ambil kesempatan

Setiap ada waktu berbicara hendaknya cepat kita ambil, karena dengan demikian perasaan takut atau malu ketika berbicara dapat diminimalisir. Lebih bagus lagi jika ada kesempatan untuk menjadi MC atau moderator bahkan narasumber suatu pertemuan cepat ambil kesempatan itu. Apalagi sekarang ini sedang ramai webinar, ambil kesempatan ketika misalnya menjadi peserta diberi waktu untuk bertanya atau mengemukakan pendapat. Hal ini bisa menjadi ajang berlatih berbicara di depan umum.

3. Ikuti pelatihan

Agar mahir berbicara di depan umum, guru hendaknya bisa mengikuti pelatihan public speaking. Dengan demikian pengetahuan tentang teknik public speaking dapat menambah wawasan. Dengan mengikuti pelatihan, juga akan dibimbing oleh mentor sehingga keterampilan berbicara menjadi lebih terarah. Bentuk pelatihannya bisa secara langsung berhadapan dengan mentor atau bisa melalui tayangan di Youtube.

4. Rajin membaca

Seorang public speaker dituntut harus mempunyai wawasan luas dan kosa kata yang banyak. Karena dengan mempunyai pengetahuan yang banyak, tentu rasa percaya diri semakin meningkat. Dengan banyak mendengar dan membaca buku atau melihat kejadian terkini, seorang public speaker tidak akan ketinggalan zaman.

5. Sering berlatih

Untuk mempertajam keterampilan berbicara, seorang guru tentu harus sering mempraktikkannya dengan cara berlatih. Teknik berlatih ini bisa dilakukan di mana saja. Misalnya ketika di rumah, guru bisa berlatih di depan cermin. Atau bisa juga dilakukan di hadapan sejawat. Selain itu bisa dimintai pendapat dari keluarga terdekat misalnya suami atau anak ketika usai latihan berbicara.

Demikianlah 5 tips belajar public speaking bagi seorang guru yang belum terbiasa berbicara di depan umum. Mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk esok hari akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi rasa grogi ketika berbicara di muka umum.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tips yang keren. Sukses selalu

11 Jan
Balas

Jadi inget dulu pertama kali jadi pembina upacara... Ngapalin apa yang mau disampaikan hehe

11 Jan
Balas



search

New Post