Min Hermina, SMPN 1 Cikampek-Krwg

Min Hermina, M.Pd. Saat ini mengajar di SMPN 1 Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
7 LANGKAH PRAKTIS PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN
https://kursiplastik.files.wordpress.com/2014/12/climbing_stairs.jpg

7 LANGKAH PRAKTIS PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

#TantanganGurusiana

#Hari ke-129

5 Juni 2020

#LombaJuni2020

Surat Edaran Mendikbud no 4 Tahun 2020 salah satunya berisi tentang pembelajaranan yang awalnya menggunakan tatap muka di sekolah diubah menjadi Belajar di Rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan moda daring. Guru sempat terkejut dengan fenomena baru yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Ia harus berpikir keras bagaimana menciptakan pola pembelajaran jarak jauh, karena tidak semua guru menguasai teknologi informasi khususnya platform pembelajaran secara daring, sehingga hal ini menimbulkan masalah atau kendala dalam pelaksanaannya. Untuk menyikapi hal ini, tentu guru harus bekerja keras mencari formula yang tepat agar pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar, nyaman dan menyenangkan serta siswa tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan.

Bagaimana menciptakan suatu proses pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan ? Berikut disajikan 7 langkah praktis.

1. Sosialisasi

Semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran, baik kepala sekolah, guru, siswa maupun orang tua harus mengetahui tentang pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui media yang digunakan, misalnya WA, FB atau Google Classroom dan lain-lain.

2. Peran sekolah

Peran sekolah dalam menunjang proses pembelajaran sangat besar. Mulai dari pemberian surat tugas kepada guru, membuat surat edaran kepada orangtua tentang pelaksanaan pembelajaran di rumah, sosialisasi kepada siswa dan melakukan pengawasan serta pelaporan terhadap jalannya proses pembelajaran jarak jauh.

3. Tugas kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua

Agar proses pembelajaran jarak jauh ini efektif, maka tugas yang dilakukan harus sesuai. Kepala Sekolah memantau jalannya proses pembelajaran. Guru melaksanakan tugas sesuai tuntutan kurikulum. Siswa mempelajari materi pelajaran melalui media daring. Orangtua melakukan koordinasi dengan wali kelas untuk memastikan siswa belajar di rumah.

4. Fasilitas Penunjang

Agar proses pembelajaran daring berjalan dengan baik, maka pihak sekolah maupun orang tua wajib menyediakan fasilitas penunjang untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Diantaranya tersedia gadget (HP atau laptop), kuota internet, aplikasi pembelajaran dan materi pelajaran.

5. Tata Cara Pembelajaran

Agar pelaksanaan pembelajaran daring efektif, maka perlu diatur melalui tata cara pembelajaran yang harus dipatuhi oleh guru dan siswa. Salah satu contoh yang saya lakukan dengan materi tentang Covid-19 melalui poster virtual.

a. Identification, siswa mengidentifikasi dampak Covid-19 pada diri, keluarga, teman, sekolah dan lingkungan

b. Search, siswa mencari referensi tentang Covid-19 di internet atau media lain

c. Plan, siswa merencanakan pesan yang akan disampaikan melalui gambar poster secara visual melalui aplikasi Canva , Mywall atau Picsart.

d. Create, siswa mulai menuangkan ide ke dalam bentuk poster visual

e. Share, siswa membagikan karya posternya melalui media sosial WA, Youtube atau Facebook

f. Practice/Communication , siswa mempraktikkan atau mempresentasikan pesan yang disampaikan dalam poster melalui Audio atau Video

6. Ciptakan pembelajaran yang menyenangkan

Agar pembelajaran daring tidak membuat siswa merasa bosan atau tertekan dengan tugas yang diberikan guru, perlu adanya variasi melalui aplikasi pembelajaran. Misalnya menjawab pertanyaan melalui Quizziz, Kahoot, Puzzle Maker atau kuis sejenis yang mampu menantang adrenalin para siswa.

7. Time bound

Agar terukur dengan baik maka perlu ditetapkan batas waktu. Baik ketika pelaksanaan, pengumpulan dan penilaian tugas oleh guru sebagai pelaporan kepada kepala sekolah.

Demikianlah 7 langkah sukses belajar daring yang saat ini dilakukan oleh guru, khususnya saya sebagai pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IX.

Profil Penulis

Min Hermina, M.Pd, lahir di Bandung 24 September1967. Pengabdiannya sebagai guru dimulai pada tahun 1989. Saat ini aktif mengajar di SMPN 1 Cikampek Kab Karawang Jabar. Pernah mengikuti berbagai seminar dan pelatihan, baik Lokal, Nasional maupun Internasional.

Menerbitkan buku tunggal 1 dan 9 antologi serta menulis beberapa PTK.

Bisa dihubungi melalui email [email protected] dan no HP 08159842959 atau 082156106525. Lakukan yang terbaik, itulah motto hidupnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren. semoga sukses

05 Jun
Balas

Good article mom.

07 Jun
Balas

Paparan yang lengkap dan bisa dipahami, terstruktur dan terarah. Keren pisan, Bun.

05 Jun
Balas

Mksh bu Teti apresiasinya

05 Jun

Wow...mantap say

05 Jun
Balas

Mksh bu hj Septa

05 Jun

Kereen Bu. Selalu terarah dan terencana dengan baik. Guru idola banget deh Miss.

05 Jun
Balas

Mksh bu Nopiranti sudah berkunjung di sini

05 Jun

Keren, bu. Sukses selalu.. .

05 Jun
Balas

Mksh bu Yuria, sukses selalu juga

05 Jun

Keuuuren Miss Min...

05 Jun
Balas



search

New Post