SCRALIMB PEMBUKA PINTU REZEKI (5)
#TantanganGurusiana
#Hari ke-358
Rabu , 20 Januari 2021
Para siswa terlihat asyik membuat papan scrabble terbuat dari kardus bekas minuman air mineral yang disampul dengan kertas putih bekas kalender. Setelah selesai membuat papannya, kini tibalah saatnya membuat biji-biji hurufnya.
Selama dua minggu mereka ditugaskan untuk mengumpulkan tutup botol bekas minuman ringan. Mereka mencarinya di kantin sekolah, sehingga sampah sedikit berkurang. Setelah jumlah tutup botol sesuai dengan ketentuan, mereka mulai mengecatnya. Ada yang memilih warna hijau, merah, biru atau kuning sebagai cat dasarnya. Semua itu sesuai dengan kesepakatan kelompok. Setelah warna dasar terpenuhi, kini mereka mulai menuliskan jenis hurufnya dan nilainya. Misalnya huruf A jumlah 9 nilai 1, huruf B jumlah 2 nilai 3, huruf C jumlah 2 nilai 3, huruf D jumlah 4 nilai 2, huruf E jumlah 12 nilai 1 dan seterusnya sampai huruf Z.
Jadi, setiap huruf memiliki nilai tertentu ( antara 1 – 10 ) yang bergantung pada frekuensi kemunculan huruf tersebut. Selain itu terdapat dua keping kosong ( tidak ditulisi huruf ) yang bernilai poin nol, tapi bisa dipakai untuk melambangkan semua huruf mulai dari “A” sampai “Z”.
Setelah mereka selesai membuat papan dan huruf serta perlengkapan lainnya, nampak dari wajah mereka semangat untuk segera bermain. Sebelum bermain aku mencoba menjelaskan tata cara permainan ini.
Sebelum permainan dimulai, para siswa duduk berhadapan secara berkelompok yang terdiri dari 4 orang per kelompoknya. Kemudian mereka menyiapkan papan permainan dan biji-biji huruf yang dimasukan kedalam kantong tidak tembus pandang atau kresek hitam. Mereka juga menyiapkan sandaran huruf yang terbuat dari kardus.
Selanjutnya, giliran pertama bermain ditentukan dengan mengambil sebuah keping yang terdapat dalam kantong. Pemain yang berhasil mendapat huruf terdekat dengan huruf “A” mendapat giliran pertama, sedangkan keping kosong dianggap lebih superior dari huruf “A”. kalau ada dua pemain atau lebih mengambil huruf yang sama, maka huruf-huruf tersebut dimasukan lagi kedalam kantong dan pengundian dimulai dari awal. Pada setiap giliran, masing-masing pemain mengambil 7 huruf dari dalam kantong dan disimpan di papan sandaran huruf /rak agar terlindung dari penglihatan lawan . Pada setiap giliran, pemain menyusun huruf-huruf yang tersedia di rak nya untuk membentuk suatu kata, atau pemain bisa juga memilih untuk :
a. Melewatkan giliran karena tidak bisa membuat kata, dan tidak mendapat poin
b. Menukarkan satu atau lebih huruf yang dimiliki dengan huruf yang ada di dalam kantong dan tidak mendapat poin
c. Menyusun kata di papan permainan dan mendapat poin
d. Mempertanyakan kata yang disusun
Pemain dikatakan bermain bagus apabila dapat menggunakan huruf-huruf yang dimiliki untuk menyusun sebuah kata yang dapat dibaca dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Kata utama yang disusun harus mengandung satu atau lebih huruf yang sudah diletakan sebelumnya. Bila ternyata kata tersebut menghasilkan kata baru yang bersambungan dengan kata yang baru disusun, poin yang tercipta dari kata tambahan inipun ikut dihitung.
Di awal permainan ketika papan permainan masih kosong, salah satu huruf yang membentuk kata pertama harus diletakkan diatas kota H8 yangterletak tepat ditengah-tengah papan permainan. Kata yang dibentuk paling tidak harus terdiri dari 2 huruf, bisa mendatar atau menurun. Kotak H8 adalah kotak bonus dan pemain yang mendapat giliran pertama berhak atas bonus “double word”.Setiap kali giliran selesai, pemain mengambil lagi huruf-huruf sesuai jumlah huruf yang dikeluarkan , hingga jumlah huruf di rak tetap 7 buah.
Permainan berakhir apabila sudah tidak ada lagi huruf yang tersisa di kantong.Setelah permainan berakhir, total poin masing-masing pemain dikurangi dengan total poin dari huruf-huruf yang tersisa. Total poin dari huruf-huruf yang tersisa di rak lawan ditambahkan sebagai bonus ke total poin milik pemain yang menang dan semua huruf yang dimiliki sudah habis.
Demikianlah, mereka terus merasa semangat bermain scrabble ini. Apalagi kelompok yang telah memperoleh poin yang besar, mereka akan maju ke babak berikutnya. Sungguh seru bermain Scrabble meski dari bahan limbah seadanya.
Bagaimana permainan ini bisa membuka pintu rezeki bagiku ? Ikuti kisahnya esok hari.
Bersambung.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Ide Bu Min selalu keren. Mau coba juga ah, seru sepertinya ya. Sukses selalu untuk Bu Min ya
Terima kasih Bu Nopiranti sudah berkunjung. Apa kabar ? Msh ikut Tagur ?
Khusus untuk pelajaran bahasa ya Miss Min...?