Min Hermina, SMPN 1 Cikampek-Krwg

Min Hermina, M.Pd. Saat ini mengajar di SMPN 1 Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
SCRPBOOK YANG MEMBAWAKU TERBANG (1)

SCRPBOOK YANG MEMBAWAKU TERBANG (1)

#TantanganGurusiana

#Hari ke-364

Selasa , 26 Januari 2021

“Kamu kenapa, kok nangis ?” tanyaku

“Nilai ulangan Bahasa Inggris chapter VII sangat jelek,” ucap Ratna sambil terisak.

“Oh, mungkin kamu kurang keras belajarnya, lain kali harus lebih semangat ya, “ sahutku sambil menepuk pundaknya.

Aku sebagai Guru Bahasa Inggris kelas IX merasa sangat prihatin ketika melihat para siswa mengalami kesulitan dalam belajar pada mata pelajaran yang kuampu itu. Betapa tidak, ketika mereka diberi soal ulangan tidak sedikit yang mendapat nilai di bawah standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).

Aku ingin mencari cara agar persoalan ini segera bisa diatasi. Kemudian aku berdiskusi dengan sejawatku di sekolah. Aku berusaha mencari cara agar para siswa memperoleh nilai di atas KKM dan bisa belajar Bahasa Inggris dengan menyenangkan. Berbagai pertanyaan muncul dalam benakku seiring rasa resah dan gelisah yang membuat pikiran menjadi tak tenang.

Berdasar pada hasil diskusi dengan tiga orang sejawatku di sekolah, maka diputuskan untuk membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Mudah-mudahan melalui PTK ini ada jawaban atas semua kegelisahanku selama ini. Aku segera merencanakannya dengan terlebih dahulu membuat proposal PTK untuk disetujui oleh Kepala Sekolah.

Setelah mendapat persetujuan, aku segera bergerak untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Mulai dari waktu, tempat atau kelas yang akan digunakan serta subjek penelitian. Semua itu harus aku diskusikan terlebih dahulu dengan para sejawat yang bertindak sebagai observer.

Aku mulai merencanakan tindakan ini pada bulan Februari sampai Maret tahun 2015 sebanyak 8x pertemuan sebanyak 2 siklus. Sementara subjeknya adalah para siswa kelas IX.B1 yang mengalami masalah dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah agar para siswa terampil berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris.

Aku yang bertindak sebagai ketua, mengusulkan agar menggunakan bahan limbah dalam membuat media pembelajaran yang akan digunakan dalam PTK ini. Setelah semua setuju dengan rencana ini, selanjutnya mencari dan menyusun judul penelitian. Berdasarkan kesepakatan, maka judul yang diambil : Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX.B1 SMPN 1 Cikampek Kabupaten Karawang.

Setelah semua tersusun dengan baik, tibalah saatnya aku mulai melaksanakan PTK ini. Untuk pertemuan 1 para siswa melakukan pretes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hal ini bertujuan untuk menggali pengetahuan siswa terhadap materi yang diberikan. Untuk materinya diambil dari buku paket kelas IX semester 2 chapter VII tentang Narrative Text.

Setelah para siswa mengerjakan soal tersebut, aku menyampaikan sekilas rencana PTK ini di kelas IX.B1 dengan menggunakan media Scrapbook.

“Have you heard about Scrapbook ?” tanyaku.

Not yet Mrs, “ jawab mereka serempak.

Aku tak sempat menjelaskan secara panjang lebar tentang Scrapbook karena bel istirahat berbunyi, yang langsung disambut teriakan kecewa para siswa. Aku berjanji untuk pertemuan berikutnya akan dibahas secara tuntas.

Bersambung.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah ceritanya menarik, pengalaman yg kern mrs.

26 Jan
Balas

Keren Miss Min...

26 Jan
Balas



search

New Post