VARIASI MEDIA DARING DALAM PJJ (5) (ClassDojo)
#TantanganGurusiana
#Hari ke-236
Minggu, 20 September 2020
Hari Sabtu kemarin, saya berjumpa dengan sahabat saya yakni bu Siti Aisyah di kantor PBG Karawang. Beliau adalah guru IPS yang aktif dan kreatif, banyak memproduksi video pembelajaran khususnya pada mata pelajaran yang diampunya. Bu Siti senang mengerjakan hal-hal yang berbau IT. Termasuk obrolan kami di siang yang terik ketika menikmati sepiring nasi tangkar, kami berbincang tentang ClassDojo yang merupakan suatu aplikasi pembelajaran daring. Bu Siti mau berbagi tentang ini karena saya sendiri masih merasa asing bahkan baru mendengarnya.
ClassDojo adalah sebuah aplikasi yang dapat diunduh di playstore pada HP maupun laptop. Sangat sesuai untuk level Sekolah Dasar karena ClassDojo lebih mengutamakan aspek pembinaan karakter peserta didik. Orang tua juga bisa dilibatkan dalam ClassDojo ini sehingga mereka bisa memantau perilaku anak-anaknya ketika belajar jarak jauh daring. Bagi peserta didik, aplikasi ini lebih memberikan kesempatan untuk lebih bisa berekspresi melalui foto/video atau aktifitas belajar lainnya.
Untuk menggunakan ClassDojo ternyata sangat mudah, guru tinggal melakukan registrasi kemudian mengisi classroom melalui kegiatan yang ingin dilakukan dan memasukkan nama-nama siswa ke dalam ClassDojo . Untuk lebih jelaskan bisa diikuti melalui langkah-langkah berikut ini :
1. Buka playstore di android dan cari ClassDojo lalu instal
2. Guru harus melakukan registrasi dengan memasukkan username dan password kemudian log in.
3. Guru mendaftarkan nama sekolah, jika belum tercantum didalamnya
4. Guru membuat kelas sesuai dengan jumlah kelas yang diinginkan
5. Guru memasukkan anggota kelasnya dengan cara salin tempel dari nama siswa yang sudah ada di Excel atau bisa juga mengetik nama satu persatu
6. Guru memodifikasi perilaku, dalam ClassDojo ada 2 yakni positif dan needs work. Perilaku ‘needs work’ adalah perilaku yang harus diperbaiki. Dan jika ingin menambahkan perilaku yang sesuai dengan keinginan guru, bisa ditambahkan.
Bagaimana agar peserta didik bisa join dengan ClassDojo ini ?
1. Bisa menggunakan barcode yang muncul di ClassDojo dengan cara discan atau bisa juga menuliskan kode kelas yang diberikan oleh guru
2. Setelah semua siswa ada dalam kelas, guru bisa mengundang orang tua untuk join
3. Setelah siswa dan orang tua terkoneksi dengan guru, guru bersiap melakukan penilaian terhadap perilaku siswa dan bisa langsung dilihat oleh siswa secara individu atau klasikal
4. Dengan ClassDojo guru dapat mengetahui situasi terkini peserta didik dan informasi perilaku yang dapat dilihat oleh orang tua.
Bagi guru yang belum pernah mencoba ClassDojo, dipersilakan untuk menggunakannya agar peserta didik tidak merasa jenuh atau bosan. Apalagi di ClassDojo ini setiap peserta didik digambarkan dengan tokoh kartun yang menarik, sehingga mereka akan lebih antusias belajar secara daring. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terima kasih ilmunya. Sukses selalu. Salam literasi
Terima kasih pak Dede
Aplikasii Class DOJO yang apik..diulas sederhana dan manfaatnya utk anak sekolah dasar..salut
Semangat berliterasi, semoga sukses selalu. Amin.
Terima kasih pak Edi Sutopo
Seperti classroom lagi ya Miss Min...?
Ya,cuma setiap siswa digambarkan dg sebuah karakter