MIRA ALNOFRITA

Lahir di Bukittinggi pada tanggal 8 November 1978, sejak pertengahan 2022 bertugas di SMPN 26 Padang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ramadan Bulan Penuh Kebaikan

Ramadan Bulan Penuh Kebaikan

Bulan ke 9 dalam kalender Islam adalah bulan Ramadan. Pada bulan ini orang muslim seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa setiap hari. Tidak peduli apakah di belahan bumi tersebut malam atau siangnya lebih panjang. Setiap muslim yang taat akan berusaha memenuhi segala syaratnya agar puasa tersebut bernilai ibadah.

Berdasarkan riset banyak sekali manfaat puasa yang dirasakan orang yang melaksanakannya dengan baik. Manfaat tersebut berdampak bagus terhadap kesehatan jasmani dan rohani. Pada kesehatan jasmani, puasa dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi penyakit seperti jantung, mengurangi kolesterol, gula darah, menurunkan infeksi penyakit, dan menurunkan berat badan dan lain sebagainya. Pada kesehatan rohani, puasa mampu mempertahanakan kesehatan mental.

Berdasarkan sebuah hadist yang berbunyi “Ramadhan telah mendatangi kalian. Bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa. Pada bulan ini pintu langit dibuka, pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup, dan para setan dibelenggu. Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka terhalangi dari kebaikan.” (HR. Ahmad) Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika selama Ramadan dibuat target yang agar puasa yang dilaksanakan lebih maksimal.

Adapun hal bisa dilakukan adalah menambah ilmu berkaitan dengan puasa Ramadan. Memperbanyak membaca buku atau meminta bimbingan kepada ulama adan ustadz. Selain itu, dapat juga dengan cara menyusun jadwal harian agar nanti bisa mengevaluasi pelaksanaannya. Satu hal yang paling penting yaitu tetap menjaga kesehatan. Terakhir, dengan memperbanyak berdoa kepada Allah karena di dalam Al-Qur’an kita disuruh berdoa untuk meminta sesuatu. Doa yang ikhlas akan menambah kepercayaan diri kita untuk melaksanakan puasa Ramadan tahun ini. (Mira Alnofrita)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post