Misnarwati

Guru BK di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Memiliki prinsip Tidak ada yang mustahil dalam hidup bila engkau bertekat untuk maju....

Selengkapnya
Navigasi Web

PEJUANG SAHUR

PEJUANG SAHUR

Oleh: Misnarwati, S.PD

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dirindukan ketangannya.Bulan yang berumur 30 hari dalam satu tahun ini akan menjadi momen yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Banyak makna yang terkandung pada bulan Ramadhan, diantaranya :

1.Bulan yang penuh dengan kesabaran

2.Bulan turunya Al-Qur'an

3. Malam Lailatul Qadar

4. Bulan yang penuh kedermawanan

5. Bulan pengampunan dosa

Makna di atas tentu akan bermakna apabila diberi makna. Bila umat manusia menjalankannya dengan penuh keiklasan. Pada bulan ini ada beberapa rangkaian badah yang rutin dilakukan oleh seseorang. Diantarnya berbuka puasa, shalat Tarawih, tilawah Al-Qur'an, tahajut dan sahur, membayar zakat fitrah.

Makan sahur adalah menjadi momen yang sunah dilakukan akan tetapi terasa berat untuk bangun oleh sebagian orang. Dikarenakan lelahnya melakukan rangkaian ibadah dan saat tidur terasa lelap. Tentu perlu sesuatu untuk membangunkan dari tidur lelap tersebut. Misalnya dengan menstel alaram atau dibangunkan oleh sekelompok orang.

Alaram heboh dan akan menjadi khas dan meriah saat pejuang sahur beraksi. Taukah Anda siap pejuang sahur itu ?

Mereka adalah sekelompok pemuda yang ditugaskan atau dengan suka rela membangunkan warga pada jam-jam tertentu. Biasanya pada jam 3.00 sampai 3.30 dinihari. Kegiatan ini hanya ada pada bulan Ramadhan saja.

Berbekal gendang seadanya, alat rumah tangga, seperti panci bekas, kaleng cat, botol, baskom dll.Mereka berjalan begendang keliling komplek. Sahur...sahur...sahur...bapak-bapak, ibu- ibu sahur... sahur...sahur...begitulah yang mereka lakukan sepanjang jalan yang mereka lalui. Hingga lampu-lampu yang semulanya mati sekarang hidup sebagai pertanda warga telah terbangun dari tidur lelap mereka, bersiap untuk sahur.

Mereka adalah anak muda yang bersemangat, iklas dan rela berkorban menembus dinginnya malam demi membangunkan warga untuk sahur.

Pejuang sahur ini mengingatkan saya dengan semboyan bung Karno " Berikan saya 10 pemuda maka akan saya goncang dunia"

Jiplakan kata yang sama namun berbeda makna dan masa "berikan saya 5 pemuda maka akan saya bangunkan tidur Anda". Sahur...sahur...sahur....pemuda pemuda yang mau menembus dinginnya udara malam bagi saya adalah PEJUANG SAHUR diapresiasi keberadaanya.

Panganak,

21 Ramadhan 1441 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sahur....sahur....mantap buk mis

14 May
Balas

Sahur....sahur.... Adakah pejuang sahur di tangah sawah pak Salim ?

15 May

Luar biasaya... 10 Pemuda akan mampu mengoncang dunia # Bung karno

14 May
Balas

Benar bu ment

14 May

Batu tu buk mis...semoga jadi pahala buat mereka....

14 May
Balas

Aamiin ya Allah

14 May

Rindu saat dibangunkan sahur seperti itu ni mis, di tenpat tinggal ci skrg mah gak ada yg bangunin sahur un..hanya bergantung ke alarm aja..

14 May
Balas

Oya, disini tetap sama bahkan lebih heboh dan bersemangat

14 May

Semoga yang mereka lalukan bernilai ibadah ya buk mis. Bila niat nya ikhlas , aamiin

14 May
Balas

Aamiin

14 May



search

New Post