M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antara prestasi, fitnah, dan karakter

Antara prestasi, fitnah, dan karakter

Siapa pun menginginkan prestasi. Namun, tak semua mendapat anugerah yang sama. Tentu semua sesuai dengan takarannya. Semua yang ada di dunia ini benar-benar heterogen. Mungkin ada yang mirip, tapi tak ada yang persis. Seorang petani di sawah. Ladangnya berdampingan, hasil panennya belum tentu sama. Mungkin profesi lain juga sama seperti itu. Sama seperti anak sekolah, yang sama-sama diajar dalam jam yang sama. Hasil ulanganya berbeda-beda.

Pernah suatu ketika. Ketika saya mengadakan ulangan. Ada anak yang nilainya bagus. Ada temannya yang menuduh dia sedang memyontek. Sebagai guru saya dilapori tak mudah begitu saja menerima laporan itu. Saya juga tidak klarifikasi terhadap anak yang dituduh itu. Memang sengaja saya biarkan.. Bukan saya tidak peduli terhadap perilaku curang, tidak. Bukan saya toleran terhadap suatu yang tidak tetpuji, tidak.

Anak yang lapor justru saya tanya. "Kamu punya bukti kalau dia sedang nyontek?" anak itu tak bisa menjawab. Dia diam sebentar. kemudian berkata. "Tak mungkin, Pak. Nilai anak itu sebagus itu." Saya tanya lagi. la dasarmu apa.? anak itu menjawab "Ya tidak ada, Pak. tapi pokoknya dia nyontek."

Mengapa saya seperti itu. Justru yang melaporkan yang saya introgasi. Karena Ada.karakter yang sedang saya bangun. Agar anak didik saya tidak gampang suudzon. Istlahnya agar mereka tidak menjadi tukang fitnah. Agar ucapanya bisa di pertanggung jawabkan. karena sesungguhnya kerusakan terbesar disebabkan oleh fitah. Perpecahan juga karena fitnah, orang terdholimi juga karena fitnah. Mungki masih banyak lagi contoh-contoh lain. itulah mengapa fitnah itu dihukumi lebih kejam daripada pembunuhan.

Kediri, 1 oktoner 2018

M. Maghfur Qumaisi., S.Pd.,S.Sos., M.Si.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post