M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersanding dengan dua wanita hebat

Bersanding dengan dua wanita hebat

Perhelatan akbar Temu Penulis Nasional 24 November 2018, telah mempertemukan guru penulis seluruh nusantara, penulis-penulis guru dari berbagai penjuru telah hadir di gedung A lantai 3 kemendikbud jalan senayan Jakarta. Momen penting itu menampilkan para bintang penulis yang telah dilahirkan oleh media guru, serta para penggerak literasi daerah yang telah tertular virus menjadi pendakwah literasi penulis buku.

Berbagai acara itu terkait dengan literasi telah ditampilkan, diawali oleh sambutan penggerak dan motivator nasional ceo Mediaguru Bapak Mohammad Ihsan, dengan menampilkan berbagai kegiatan daerah gerakan literasi diseluruh Indonesia. acara berikutnya pemanggilan pemenang menulis artikel pendidikan karakter yang telah diumumkan beberapa bulan yang lalu, diantaranya bunda wiwik puspitasa, bunda yasmi dan saya sendiri.

Para pemenang itu cukup menarik dicermati, karena diantara pemenang itu adalah orang – orang yang luar biasa, dikalangan penulis mungkin semua kenal dengan beliau, seorang pengawas yang mampu memboyong guru-guru sumbar menjadi penulis, dan sangat terlihat kepiawaian beliau dalam membimbing orang-orang disekitarnya, karena hampir satu pesawat telah diisi oleh kontingenya untuk hadir dalam setiap event-event literasi, dan mereka semua adalah guru-guru penulis. Bunda wiwik juga bukan orang biasa, karena selain itu dia adalah seorang kepala TK berprestasi, juga penulis yang sangat produktif, karena buku dalam satu tahun telah menghasilkan duabelas buku, dan dia juga instruktur nasional sagusabu andalan media guru.

Saya sebenarnya tidak ingin membahas tentang kehebatan mereka, karena telah banyak yang mengetahui, bahkan apa yang saya tulis diatas, sebatas yang saya ketahui, dan saya yakin lebih hebat dari itu. Lalu pemenang nomor dua itu siapa, orang yang berasal dari Jawa timur, tepatnya seorang guru dari MTsN 7 Kediri yang namanya tidak setenar mereka, tentunya saya sendiri. Terus terang saya tidak ingin bercerita tentang diri saya, disamping kurang etis, juga tidak ada yang patut untuk dibanggakan, apalagi jika disandingkan dengan kedua tokoh hebat diatas.

Melihat fenomena itu, saya teringat kata-kata Imam Al Ghazali “jika kau bukan anak raja dan jika kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis". Sepertinya kegiatan temu menulis nasional itu adalah bagian dari pembuktian kata-kata tersebut. Dimana para guru penulis bisa saling bertemu, dan penulis-penulis terbaik juga diminta keatas panggung untuk menerima penghargaan atas jerih payahnya dalam menulis buku.

Seperti diketahui bahwasanya yang biasa bertemu dengan banyak orang adalah seorang raja dan ulama-ulama besar. Tapi pada hari itu telah menanggalkan kepangkatan dan jabatan formalnya, dan yang ditanya sudah menulis berapa buku, sudah berapa orang yang telah digerakan untuk bersama-sama menjadi penulis?, sudah berapa exemplar bukunya dibaca oleh orang lain dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan untuk para penulis yang hadir.

Tentunya hal tersebut menjadi pelajaran berharga, karena seandainya bukan penulis dan penggerak literasi tidak akan pernah bisa hadir ditempat itu dan tidak akan pernah bertemu dengan penulis-penulis hebat senusantara, karena salah satu syarat untuk hadir ditempat itu adalah pernah menulis buku. Mungkin untuk pejabat dan ulama, biasa bertemu dengan banyak orang, dan bisa hadir dimana saja. Tapi untuk orang biasa, terutama seperti saya, hal itu sulit untuk terjadi.

Demikian pula dengan kegiatan temu penulis nasional itu, tentu saya tidak akan pernah hadir, dan naik kepanggung bersama dengan orang-orang yang luar biasa, jika saya tidak pernah menulis buku. Wallohu a’lam, salam literasi dan salam hormat untuk para penulis-penulis hebat senusantara.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menulis memberikan kesempatan belajar lebih luas pada sosok sosok inspiratif yang tetap menjejak bumi Saya salut dengan tawadhu nya Pak Maghfur, yang mampu menghipnotis banyak siswanya menjadi penulis. Barakallah Pak. Bapak lebih dari sekedar tokoh inspiratif, bagi kami para sahabat penulis bahkan anak anak didik . Salam Literasi

27 Nov
Balas

mbrebes mili.. baca tulisan bu wiwik , rendah hatinya bukan hanya menjejakan bumi.. tapi kehebatanya berusaha disembunyikan di dasar laut.. salam dongeng bu wiwik

28 Nov

Penghargaan sebagai salah satu bentuk pengakuan atas kualitas seseorang, Pak Maghfur pantas mendapatkan itu

27 Nov
Balas

Pak haji syaihu ini luar biasa.. saya blum mampu menyamai kehebatanya..

28 Nov

Saya suka kata-kata hikmah Imam Al Ghazali karena saya bukan anak raja ditambah lagi kedua orangtua sudah meninggal dunia sejak lama. Duuh....curhat ni. Saya suka menulis tak peduli orang mau membacanya atau tidak. Walau tak jarang ada mc di dalam diri ini karena tulisan yang tampil nekat apa adanya, sering pula kering pertanda nihil pengalaman. Jazakallah khoir untuk mutiara hikmah ini. Salam sehat dan ssukses selalu. Barakallah, pak guru.

27 Nov
Balas

Saya juga suka bu... salam sukses ibu

28 Nov

Semangat terus pak

27 Nov
Balas

semoga Insha'Alloh.. salam sukses bu..

28 Nov

Menulis adalah saat berbagi, baik informasi maupun inspirasi. Pak Maghfur memang pantas menerima penghargaan itu. Saya turut bangga. Barakallah ya, Pak... ❤

27 Nov
Balas

Amin...

28 Nov

Selamat dan sukses ya pak..

27 Nov
Balas

matur swun... bu dewi...

28 Nov

Alhamdulillah

28 Nov
Balas

Barokalloh..

28 Nov

selamat n sukses ya pak, terus berkarya

27 Nov
Balas

Insha'Alloh Semoga.. bu

28 Nov

Salam literasi,tetaplah semangat dan menginspirasi banyak orang.

27 Nov
Balas

Barokalloh.. Semoga

28 Nov



search

New Post