M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nilai-nilai di balik Nilai

(Tantangan hari 1)

Seorang dosen bertanya pada mahasiswa, tentang tujuan mengikuti mata kuliahnya. Jawaban mahasiswanya cukup bervariasi.

“Saya ingin menuntut ilmu, Pak,” kata salah seorang yang duduk di bangku depan. Pak Dosen hanya tersenyum dan manggut-manggut, sambil berkata, “Jawaban normatif, teoritis. Saya tidak yakin.” Kemudian dia melirik ke arah saya.

“Apa, Mas?” Saya bingung, mau jawab apa.

“Saya ingin ngisi absensi,“ jawab saya sekenanya. Raut wajah Pak Dosen semu merah karena jawaban saya terlihat tak serius. “Dan mengikuti kuliah Bapak,” sambung saya. Wajah Pak Dosen pun berubah menjadi ramah, kemudian dia berkomentar pendek. “Iya tidak masuk lebih dari 3 kali, tidak boleh ikut ujian.”

Lalu Pak Dosen menunjuk ke arah pojok belakang. “Coba, apa, Mas?” ucapnya singkat.

Teman saya yang duduk di bangku pojok itu pun menjawab, “Saya ingin mendapatkan nilai A, Pak.” Dengan raut serius sambil membenarkan tempat duduknya.

“Hanya itu,” kata Pak Dosen. Teman saya pun mengangguk yakin. “Anda mau saya beri nilai A, dan tak usah ikuti perkuliahan saya? Teman saya kaget, dia mengira Pak Dosen marah. “Saya tidak marah. Ini benar-benar saya tawarkan.” Dosen itu tersenyum penuh arti. “Atau mungkin ada yang mau, angkat tangan!” seru Pak Dosen di depan para mahasiswa. Hampir separuh mahasiswa dalam kelas mengangkat tangannya. Dengan malu-malu saya pun ikut mengacungkan jari.

Dia pun melanjutkan ucapannya. “Belajar itu proses dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu. Belajar harus ada perubahan dari semua aspek, baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Karena belajar itu proses, maka semua tahap dan aspek dalam pembelajaran harus dilalui. Jadi belajar itu tidak tiba-tiba. Apalagi kalau tiba-tiba dapat nilai. Karena angka itu bukan sekedar angka. Namun, di balik angka itu ada maknanya, di antaranya sebagai bukti terpenuhinya aspek-aspek dalam pembelajaran itu sendiri. Anda mau, pulang membawa nilai A. Tapi, tidak ada yang berubah atas diri Anda.” (Fiksi).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menulis juga butuh proses, kan pak. Selamat datang Pak

07 Oct
Balas

Lama, tak muncul. Terakhir November 2019. Hehe

07 Oct

Keren cerpenny psk... Kok baru TM ke 1 pak. Ini saya salah baca. Pdhal karyanya luar biasa.. salam

02 Nov
Balas



search

New Post