DENGAN MATSAMA KITA REKATKAN NILAI NILAI HARMONI DALAM KEBERSAMAAN
DENGAN MATSAMA KITA REKATKAN NILAI NILAI HARMONI DALAM KEBERSAMAAN[1]
Oleh Moh Alimuddin
Matsama atau yang dikenal masa ta’aruf siswa madrasah menjadi masa awal yang akan dialami seluruh siswa baru di berbagai jenjang madrasah Indonesia. Pada masa ini, siswa diajak lebih mengenal bagaimana keadaan Madrasah, jenis ekstrakurikuler, hingga sikap yang harus dimiliki oleh mereka karena sudah 'naik kelas' ke jenjang pendidikan lain.Melalui Matsama diharapkan siswa mampu beradaptasi di lingkungan Madrasah yang baru. Sehingga kegiatannya harus diisi dengan berbagai materi bermanfaat, menyenangkan, dan tidak boleh ada praktik-praktik kekerasan.ponco-poncoan Salah satu materi bermanfaat yang wajib diperkenalkan kepada siswa adalah tentang Profil Pelajar Pancasila.dan Rahmatan lil alamin atau P5 RA Profil Pelajar Pancasila Ada enam elemen kunci nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang diperkenalkan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan bisa dicapai yaitu : 1. Berakhlak Mulia Elemen ini berkaitan dengan sikap pelajar yang mampu memahami agama dan kepercayaan yang dianutnya, serta berakhlak dalam hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pemahaman ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
2. Berkebinekaan Global Pelajar Indonesia harus mampu mempertahankan budaya luhur, lokalitas, identitas, dan tetap berpikiran terbuka dengan budaya lain. Sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan mampu menimbulkan budaya baru yang positif namun tetap tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. 3. Gotong Royong Kemampuan gotong-royong harus dimiliki pelajar untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama secara sukarela. Sehingga kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah, dan ringan.
4. Mandiri Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
5. Bernalar Kritis Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif. Ia juga mampu membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya. Refleksi pemikiran dan proses berpikir: siswa mampu melakukan refleksi terhadap berpikir itu sendiri (metakognisi). Mengambil keputusan: mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan informasi yang relevan dari berbagai sumber. 6. Kreatif Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) lebih mudahnya adalah P5 yang ditambahi dengan tujuan yang bersifat agamais.bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan berdasar potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial yang disertai dengan kemampuan pelajar yang memiliki sikap dan perilaku beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Kegiatan P5 RA ini hanya dilakukan di madrasah yang mengikuti kementrian agama
Adapun beberapa tema dalam mengerjakan proyek P5 RA yang bisa diambil sebagai berikut :
1. Gaya Hidup Berkelanjutan
Dalam tema ini topik konservasi lingkungan bisa dipakai, seperti pencegahan banjir dengan gerakan membuang sampah pada tempat sampah.
Kearifan Lokal
Dalam tema ini topik yang menganggkat kearifan setempat bisa diangkat, seperti penulisan sejarah setempat atau pembuat topeng malangan Bhinneka Tunggal Ika
Dalam tema ini topik perbedaan ras, suku, dan agama bisa dipakai, seperti dialog interaktif antara siswa yang berasal dari suku atau ras berbeda.
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
Dalam tema ini topik pengentasan permasalah sosial di madrasah bisa dipakai, seperti tema mencari solusi terbaik untuk bullying yang ramai di kalangan remaja.
5. Suara Demokrasi
Dalam tema ini topik musyawarah atau rembukan bisa dipakai, seperti tema pemilihan ketua kelas dengan cara musyawarah mufakat.
Rekayasa dan Teknologi
Dalam tema ini topik mengenai teknologi bisa dipakai, seperti membuat aplikasi untuk memudahkan penyimpanan file pembelajaran bagi siswa yang tidak masuk sekolah.
Kewirausahaan
Dalam tema ini topik wirausaha dapat dipakai, seperti pembuatan ayam geprek yang dipasarkan pada masyarakat sekitar.
Demikian mengenai Pengenalan P5 RA dalam Kurikulum Merdeka yang yang rencananya di tahun ini semua madrasah dapat melaksanakannya
[1] Disampaikan dalam rangka matsama MI Miftahul Ulum St Palengaan Laok 7 Juli 2024
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terima kasih 5 karakter pelajar Pancasila. Perlu diamalkan. Salam inovasi.
Ok terima kasih atas atensinya
Ok terima kasih atas atensinya
Ok terima kasih atas atensinya