MOH.ALIMUDDIN

Moh Alimuddin...

Selengkapnya
Navigasi Web

TRANFORMATIF KEPEMIMPINAN MADRASAH DALAM BUILDING CARAKTER MENYONGSONG ABAD 21

TRANFORMATIF KEPEMIMPINAN MADRASAH DALAM BUILDING CARAKTER MENYONGSONG ABAD 21

Disampaikan Pertemuan KKMMI Palengaan 1 Oleh Moh Alimuddin, (Pengawas Pembinan )

Tgl 15 Pebruari 2024 di Aula MI Miftahul Ulum ST Palengaan Laok

PENDAHUALUAN

Pentingnya manajemen yang efektif dalam suatu organisai semakin banyak mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak.Madrasah akan lebih efektif dalam memberikan pengajaran yang baik pada peserta didik jika termanage dengan baik dalam berbagai pendapat dan ungkapan bahwa efektifitas pendidikan dan perbaikan dimadrasah di beberapa madrasah bahwa mutu kepememinpinan managemen merupakan salah satu variabel terpenting untuk membedakan antara sekolah yang berhasil dan yang tidak (Sammon et.al,1994) Asumsi ini menujukkan bahwa menajemen tidak bisa dianggab sebagai suatu aspek institusi pendidikan yang kaku dan statis.manajemen yang baik akan memberikan sentuhan yang baik sehingga membuat sebuah perbedaan mutu madrasah serta pendidikan para peserta didiknya

Pengenalan tentang menajemen di madrasah telah meningkatkan kebutuhan terhadap manajemen madrasah yang efektif hal ini disebabkan madrasah mengambil alih tanggung jawab manajemen pendidikan yang sebelumnya di pegang oleh pemerintah yang bersipat TOP DOWN tanggung jawab ini mencakup manajemen finansial,aspek aspek manajemen staf dan yang berkaitan dengan kelompok eksternal namun dewas ini pemerintah memberikan otonomi kepada lembaga pendidikan/madrasah yang semuanya terkonsep dalam MBS,KTSP,KOM dan RPJM .

Kepemimpinan transformasional dan transaksional

Hal terpenting yang perlu dilihat dan harus diingat bagi siapapun yang ingin mempraktekkan kepeminimpinan tranformasional adalah tidak hanya mengandalkan kharisma personal nya tapi ia harus mencoba untuk memberdayakan stafnya serta melaksanakan fungsi fungsi kepeminpinannya.kemepinminan tranformasional bertentengan dengan kememimpinan transaksional yang didasarka pada pertukaran pelayanan dengan berbagai bentuk upah (rewads dan benefit lainnya ) yang dikontrol oleh peminpin.walaupun demikian untuk menumbuhkan dan meningkatkan peran sertanya manajemen dua kepemininan ini haruslah sepadan artinya kita anut untuk meningkat partisipasi dalam sebuah institusi yang baik sehingga proses pendidikan dan pengajaran dapat berjalan dengan baik.karena menejeman berhubungan erat dengan kemajuan dan prestasi dari teori ini sebaik nya kepala madrasah mengambil peran penting dalan memajukan peran sertanya dalam menumbuhkan menejemen madrasah yang baik

Kepemimpinan pendidikan

Kepeminpinan dalam pendidikan dengan tema tentang pentingnya pendidikan dan pengajaran centrung bertentangan dengan individu individu yang memeliki spesialisasi dibidang menajemen sumber daya finansial dan manusia dalam berbagai literatur efektifitas sekolah atau madrasah menegaskan pentingnya apa yang terjadi dalam kelas dan kepeminpinan pendidikan dipandang perlu sebagai upaya memberikan sebuah kultur pengajaran dan pembelajaran yang kondusif.kami menganggab bahwa kehidupoan madrasah sangat tergantung pada mutu pendidikan peserta didiknya didalam kelas.

Kepeminpinan madrasah yang otonom

Kepemimpinan madrasah yang otonom menghadapi beberapa dilema,perubahan juga mengakirtkan adanya tantangan dan peluang bagi kepeminpinan yaitu sekitar efesiensi dan efektifitas madrasah otonom dan yang sangat memperhatikan kepeminpinan madrasah otonom maka harus melakukan refleksi menajemen yang di dasarkan pada kebutuhan peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil pembelajarannya di dalam kelas.dari aspek ini untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi baik dan bekarakter adalah sebuah model kepemimpinan yang centrung pada tranformasional,sebuah kepemimpinan yang meberdayakan ;

ü Melakukan rekrutmen yang terbuka,penggajian yang baik,evaluasi dan perberhentian staf

ü Secara terus terus memerlukan ketrampilan ketrampilan baru dan mentraining stafnya

ü Memformulasikan anggarannya

ü Membuat investasi kapital sesuai dengann yang dibutuhkan

ü Secara kontan memonitor dan mengontrol standar mutunya (akreditasi ),inspeksi kekeliruan keleliruan lainnya

ü Menciptakan product dan model baru yang memudahkan proses pembelajaran

Dari rumusan ini madarasah dalam menggapai visi dan misi pendidikan madrasah yang berkarakter perlu ditunjang oleh kepemininan madrasah dalam menajalan roda kepemimpinannya meskipun pengangkatan kepala madrasah tidak dilakukan secara sembarangan.Keberhasilan proses pembelajaran dan pendidikan di madarash perlu memfungsikan kepala madrasah sebagai educator,administrator,supervisor,leader,inovator,motivator dan evaluator dari rangkaian ini titik tekan adalah pembinaan mental fsikis dan moral harus diutamanakan

“Jangan pernah menyerah pada kegagalan atau kesulitan yang dihadapi, karena setiap kesulitan akan membawa kita pada kesempatan untuk belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.“

Syeikh Nawawi Al-Bantani

Bahan bacaan

Edward Sallis,Total Quality management In education,IRCisoD,2010

E.mulyana Dr,M.Pd,Menjadi Kepala Sekolah Profesional,PT Remaja Rosdakarya,Bandung ,2006

Mulyadi,Dr.M.Pd.Kemepiminan Kepala Sekolah dalam Mmengembangkan Budaya Mutu,UIN Malik,2010

Imam Suprayogo,Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team Building dan Perilkaku Inovatif,UIN aliki,2010

HENDYAT SOETOPO,Perilaku Organisasi Teori dan Praktek di Bidang Pendidikan,PT Remaja Rosda Karya,Bandung,2010

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post