Noer Wilis

Guru Penjasorkes www.noerwilis.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Haruskah materi Pencaksilat ada di sekolah?
Pencaksilat, PJOK, Pembelajaran Penjas

Haruskah materi Pencaksilat ada di sekolah?

Kita tahu pencaksilat adalah warisan leluhur bangsa yang sepatutnya kita ikut melestarikan. Olahraga yang mengedepankan seni dan beladiri sudah mulai diminati oleh dunia luar. Terus hubungannya apa pencaksilat dengan pendidikan Indonesia?

Pendidikan jasmani sebagai wadah dalam mesukseskan warisan budaya. Kenapa demikian? Pada hakikatnya pendidikan jasmani merupakan bentuk untuk membekali siswa dalam olah gerak. Guru tidak harus menjadikan siswanya sebagai seorang atlet. Tapi guru harus membekali siswanya menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur.

Semua gerak dasar, lanjutan maupun otomatisasi olahraga setidaknya diajarkan dalam pendidikan jasmani. Materi beladiri sendiri ada dalam Kompetensi Dasar, baik itu dikurikulum 2006 atau kurikulum 2013. Tinggal bagaimana guru olahraga bisa mengemas materi pencaksilat dalam permainan olahraga menjadi menarik dan mengasyikan.

Pembelajaran pencaksilat bukan berarti kita mengajarkan anak untuk tawuran atau berkelahi. Justru dengan adanya pembelajaran pencaksilat siswa dibekali dengan nilai-nilai karakter beladiri. Siswa diberikan sejarah berkembangnya sang pendekar silat Indonesia yang melegenda, seperti Si Pitung, Ki Ngabei, Etong Gendut, Jaka Tingkir dan masih banyak pendekar Indonesia yang legendaris.

Seperti yang saya lakukan dalam memberikan materi ajar pencaksilat, kita siapkan bahan ajar dulu, seperti media dan pola bentuk permainan. Sehingga dalam pembelajaran kita mempunyai arah dan tujuanyang jelas. Jadi, pembelajaran pencaksilat tidak menjadi sebuah hal yang menakutkan untuk perkembangan gerak anak.

Sikap hormat, sikap tendangan, sikap tangkisan dan hindaran bisa sebagai awal memberikan pengalaman gerak pada anak. Siswa akan mengerti jenis gerakan lokomotor dan non lokomotor dalam beladiri pencaksilat.

Materi ajar pencaksilat menurut hemat saya, sangat perlu diberikan dalam materi pendidikan jasmani. Setidaknya, kita sebagai guru bisa memberikan pengertian dalam merubah pemikiran anak tentang berkelahi dan tawuran. Arahkan mereka yang mempunyai bakat beladiri untuk di ikutkan Club atau organisasi beladiri untuk mengembangkan bakat mereka.

Materi Pembelajaran Beladiri Pencaksilat bisa melihat video di bawah ini.

Silahkan Bapak/Ibu guru kalau lebih dekat dengan saya bisa main di channel youtube saya. http://www.youtube.com/c/NoerWilis atau di web saya www.noerwilis.com salam sejahtera buat kita semua.

Salam pendidikan Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post