Noer Wilis

Guru Penjasorkes www.noerwilis.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jejak Kaki tersembunyi di SAGUSABU Pati 2019
Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Jejak Kaki tersembunyi di SAGUSABU Pati 2019

Menelusur jejak kaki merupakan permainan yang dimodifikasi untuk menumbuhkembangkan gerak dasar anak. Gerak aktivitas jasmani yang didesain dalam mengembangkan aspek motorik. Pembelajaran dengan aktivitas gerak monoton dan tak berkreasi secara psikologis akan membuat anak semakin bosan dalam mengikuti pembelajaran. Dibutuhkan sedikit sentuhan kreativitas dalam memodifikasi materi dalam menciptakan pembelajaran. Tidak heran jika melihat anak mengikuti jam olahraga hanya bermain, berkreasi dan bergerak apapun dengan sesukanya sendiri.

Pada dasarnya pembelajaran dalam pendidikan, tidak serta merta kita sebagai guru memusatkan materi yang ada dalam Kompetensi dasar untuk langsung ditransferkan ke peserta didik. Pendekatan melalui permainan bisa kita gunakan untuk memasuki jiwa mereka dan sedikit demi sedikit bisa mengisi pola pikir mereka dengan materi yang diajarkan. Learning by doing bisa dikatakan lebih tepatnya seperti itu. Bukan hanya sekedar mereka melakukan, namun kita mencoba mengajak siswa untuk bersenang-senang dahulu.

Permainan menelusur jejak kaki ini, saya mengajak peserta didik untuk bermain dengan media gambar jejak kaki yang telah dibuat dengan berbagai arah. Terdapat arah ke depan dan ke samping, hal ini dimaksudkan untuk mengasah aspek psikomotorik mereka dalam melakukan gerak. Pembelajaran ini adalah variasi gerak lokomotor dalam permainan yang dimodifikasi. Sedikit mengingatkan bahwa gerak lokomotor merupakan suatu gerak yang berpindah tempat dari satu titik ketitik yang lain. Semisal adalah gerakan lari, lompat, dan jalan. Dari gerakan tersebut kalau kita memberikan materi lari memutar lapangan pasti anak-anak akhirnya pada bosan dan banyak mengeluh.

Dengan adanya media gambar jejak kaki yang banyak serta tertata rapi dengan alat yang lain, mereka akan lebih bersemangat dalam bergerak. Ini terbukti dalam pembelajaran mereka menikmati dengan penuh kebahagiaan yang tiada duanya. Mereka merasa tertantang ketika melakukan kesalahan dalam permainan. Anak memiliki rasa juang dan penasaran untuk terus melakukan permainan tersebut.

Ketika rasa bahagia sudah didapatkan oleh siswa tanpa mereka sadari sebenarnya kita sebagai guru sudah memasukkan inti pembelajaran tersebut. Inti dari variasi gerak lokomotor yang terdapat dalam permainan telusur jejak kaki ialah siswa melakukan gerakan melompat dengan berbagai arah yang sudah ditentukan. Kemudian siswa berlari dari jarak yang ditentukan dan kembali ke dalam barisannya.

Cukup sekian dari saya, semoga ketikan ini bermanfaat dalam memberikan pengalaman gerak pada peserta didik. Bapak/Ibu guru bisa melihat videonya di bawah tentang permainan telusur jejak kaki. Modifikasi permainan lain nanti akan saya postkan dilain waktu atau mungkin bisa search saja di channel youtube saya yaitu: Noer Wilis atau di web saya www.noerwilis.com disana terdapat berbagai macam bentuk dan modifikasi permainan olahraga yang saya dokumentasikan dan sekaligus bisa dijadikan bahan untuk pembuatan Penelitian Tindakan Kelas.

Salam sukses untuk Bapak/Ibu guru semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

okey bro..he5,,,ngopinya jangan lupa ya,,

28 Apr
Balas

wayahe makan bro

28 Apr
Balas



search

New Post