MOHAMAD YASIN

Mohamad Yasin, Lahir di Kediri, Tanggal 24 Agustus 1971. Bekerja sebagai dosen di Universitas Negeri Malang sejak tahun 1999. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MERDEKA BELAJAR UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN KARIR DI ERA METAVERSE

MERDEKA BELAJAR UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN KARIR DI ERA METAVERSE

Metaverse merupakan dunia baru masa depan. Dunia ini digadang-gadang sebagai era baru yang memungkinkan manusia memanfaatkan dunia virtual untuk kegiatan sehari-hari. Di dunia virtual masa depan itu, manusia akan beraktivitas secara maya. Aktivitas seperti bekerja, belajar, hingga menonton konser terjadi akan diwakilkan avatar tiap individu. Jangkauan dunia virtual ini akan sangat jauh. Bahkan disebut mampu menghubungkan berbagai belahan dunia hanya dalam waktu singkat. Tempat yang sulit terjangkau di dunia nyata juga akan sangat mudah didatangi dalam metaverse. Oleh karenanya, semua pihak perlu menyambut era baru tersebut. Kecanggihan metaverse masih membutuhkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur, terutama di bidang teknologi.Tujuan.

Namun, kemajuan teknologi dan penerapannya yang kini sudah banyak dilakukan di berbagai bidang, ikut membuat banyak efisiensi yang dilakukan dalam hal tenaga kerja. Hal inilah yang membuat beberapa pekerjaan mungkin tidak akan bertahan lama eksistensinya dan terancam hilang di masa depan. Beberapa pekerjaan yang diprediksi akan hilang di era metaverse diantaranaya, gurur/dosen, kasir, travel agen, pustakawan, penterjemah, pekerja pabrik, dan akuntan.

Tentu jenis pekerjaan yang hilang tersebut akan digantikan dengan jenis pekerjaan yang baru. Jenis pekerjaan baru inilah yang perlu dipersiapkan oleh generasi sekarang. Dengan persiapan yang baik, maka generasi muda sekarang akan tetap bisa bersaing untuk mengisi dan berperan pada pekerjaan baru tersebut.

Webinar ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis pekerjaan baru apakah yang akan muncul di era metaverse dan era society 5.0. Dengan mengetahui jenis pekerjaan yang dibutuhkan maka akan dapat dipersiapkan kompetensi yang harus dimiliki oleh calon pekerja.

Untuk membahas ini, maka Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Kabupaten/Kota Kediri akan mengadakan webinar yang akan mengupas tuntas tentang merdeka belajar untuk menhadapi tantangan dan prospek kerja di era metaverse. Sebagai pembicara dalam webinar ini adalah Bapak Ibnu Imad, S.Sos (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabuapten Kediri), Bapak Ramli Pinin, S.Pd., M.Pd (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri), Bapak Mohamad Yasin, S.Kom., M.Kom (Dosen Universitas Negeri Malang dan Ketua Komisi Nasional Pendidikan Kabupaten Kediri, dan Affandy, M.Kom., P.hD ( Dosen Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro.)

Dinas Tenaga Kerja akan membahas tentang peta tenaga kerja di Kabupaten Kediri sekaligus peluang dan tantangannya. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri akan membahas kesiapan sekolah di Wilayah Kediri akan membahas kesiapan kurikulum dan merdeka belajar dalam menghadapi tantangan tersebut. Perwakilan dari Univesitas Dian Nuswantoro akan mengupas tentang penyelenggaraan Pendidikan di Perguruan Tinggi yang dapat menyiapkan lulusan D3/S1 yang siap menghadapi era metaverse.

Kegiatan webinar direncanakan dapat diikuti oleh: (1) Siswa SMA/SMK/MA pada umumnya dan kelas XII yang baru lulus pada khususnya, (2) Guru SMA/SMK/MA pada umumnya dan Guru Bimbingan Konseling (BK) pada khususnya, (3) Orang tua siswa, (4) Masyarakat umum yang ingin mengetahui perkembangan prsopek pekerjaan di era masa yang akan dating (metaverse). Setiap peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut : (a) Materi Webinar, (b) Sertifikat (dari Universitas Dian Nuswantoro), (c) Saldo Gopay (bagi peserta yang beruntung), dan (d) Potongan USPI sebesar 50% dari Universitas Dian Nuswantoro untuk pendaftaran sampai dengan akhir Juli 2022.

Untuk mengikuti webinar ini cukup klik link berikut https://forms.gle/958f62yGvqCGQiew6 atau dapat menghubungi nara hubung Bapak Muhammad Aliyya Ilmi, S.Kom., M.M di 085784114468 (WA).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post