MOHAMAD YASIN

Mohamad Yasin, Lahir di Kediri, Tanggal 24 Agustus 1971. Bekerja sebagai dosen di Universitas Negeri Malang sejak tahun 1999. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS GURU

PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS GURU

Kemampuan literasi statistis dalam era Industri 4.0 sangat dibutuhkan. Menurut Garfield (1999), Literasi statistis merupakan kemampuan untuk memahami bahasa statistik: kata, simbol, dan istilah. Mampu menginterpretasikan grafik dan tabel, serta mampu membaca dan memahami statistik dalam berita, media, jajak pendapat, dan lain-lain. Literasi statistis penting bagi guru dan siswa karena pada akhirnya guru dan siswa akan dihadapkan pada perannya sebagai produsen atau konsumen data. Sebagai produsen data, seseorang harus memahami cara menyajikan data sehingga data yang dihasilkan mudah untuk dibaca dan dipahami oleh orang lain. Sebagai konsumen data, Ia dituntut untuk bisa membaca data sekaligus memahami maksud yang terkandung di dalam data, baik yang tersirat maupun yang tersurat.

Dalam rangka menguatkan kemampuan lierasi statistis guru matematika di Kota Kediri, maka Departemen Matematika FMIPA Univesitas Negeri Malang mengadakan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dikemas delam bentuk workshop ini diselenggarakan bekerjasama dengan MGMP bidang matematika Kota Kediri. Pengabdian ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022 dan bertempat di SMADA Kediri.

Tim dari Departemen Matematika FMIPA UM terdiri dari, Dr. Susiswo, M.Si (Kepala Departemen), Azizah, S.Pd., M.Si (Ketua Panitia), Dr. Hendro Permadi, M.Si., Mohamad Yasin, S.Kom., M.Kom., Trianingsih Eni Lestari, S.Si, M.Si, dan beberapa dosen yang lain. Workshop ini diikuti sekitar 40 guru matematika. Ada dua materi yang disampaikan dalam workshop ini, yaitu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Statistis Siswa. Materi kedua adalah Penyusunan Soal Literasi Statistis Berbasis AKM. Dengan kedua materi tersebut diharapkan guru-guru semakin mahir dalam membelajarkan materi literasi statistis kepada siswanya. Disamping itu, dengan kemampuan membuat soal literasi statistis diharapkan guru dapat membuat soal literasi statistis untuk meningkatkan kemampuan literasi statistis siswa untuk menghadapi Asesmen Nasional (AN).

Kegiatan dibuka oleh Kepala SMAN 2 Kediri, Drs. Sony Tataq Setya S, M.Pd, dilanjutkan sambutan dari Kepala Departemen Matematika FMIPA UM, Dr. Susiswo, M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Susiswo, M.Si menyampaikan bahwa pengabdian ini sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan workshop ini semoga dapat memberikan manfaat kepada guru agar kompeten untuk mengajar literasi statistis dan membuat soal literasi statistis berbasis AKM.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan paparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Hendro Permadi, M.Si dan Latifah Mustofa Lestyanto, S.Si. M.Pd. Metari kedua disampaikan oleh Azizah, S.Pd., M.Si. Peserta workshop sangat antusias mengikuti workshop ini. Workshop ini ditutup dengan peserta berdiskusi untuk menyusun soal literasi statistis berbasis AKM.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Pak. Sukses selalu. Salam literasi!

24 Sep
Balas

Reportase nya keren banget

24 Sep
Balas



search

New Post